Banjir Bandang

Banjir bandang atau air bah adalah banjir besar yang datang secara tiba-tiba dengan meluap, menggenangi, dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar. Banjir bandang terjadi di dataran rendah karena hujan yang turun terus-menerus. Banjir bandang memiliki aliran yang deras yang dapat menghancurkan rumah warga. 

Faktor utama terjadinya banjir bandang adalah hujan yang turun terus-menerus dan dalam waktu yang lama. Banyaknya debit air yang turun dari hujan menyebabkan genangan air. Sungai akan mengalami kelebihan air akan meluap dan akhirnya menggenangi tempat tertentu.

Penyebab lain adalah penyalahgunaan lahan di tepi sungai. Adanya bangunan di tepi sungai menyebabkan penyerapan air tidak terjadi secara maksimal. Penyerapan air yang tidak maksimal akan menyebabkan banjir bandang mudah datang. Selain bangunan di tepi sungai, penebangan pohon secara liar juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir bandang. Seperti yang kita ketahui pohon memiliki kegunaan untuk mencegah banjir dengan cara menyerap air. Tidak adanya pohon akan menambah tingkat terjadinya banjir bandang.

Banjir bandang juga bisa terjadi karena sampah yang dibuang sembarangan. Kebiasaan buruk masyarakat yang sulit dihilangkan ini akan menyebabkan lingkungan tercemar. Sampah plastik yang dibuang sembarangan akan menghambat aliran sungai dan berpotensi menimbulkan tekanan yang sangat besar.

Dampak yang ditimbulkan dari banjir bandang tentu tidak kecil. Banjir bandang bisa membuat sarana dan pra sarana masyarakat rusak seperti jembatan, jalan, gedung, dan lain-lain. Rumah masyarakat yang terkena banjir bandang juga rusak, bahkan aset pribadi masyarakat ikut rusak atau hilang terbawa arus banjir bandang.

 

Dampak lain terjadinya banjir bandang adalah rusaknya jaringan listrik. Aliran listrik akan terganggu atau bahkan mati total ketika banjir bandang datang. Arus pada banjir bandang biasanya kuat sehingga bisa merusak tiang listrik atau kabel listrik yang dilewati banjir bandang tersebut. Terjadinya banjir bandang tentu akan menghambat aktivitas masyarakat. Masyarakat akan cukup terganggu karena mereka harus mengurus rumah atau barang-barang mereka yang rusak atau hilang.

Banjir bandang terjadi karena dipicu oleh faktor-faktor penyebab terjadinya banjir bandang. Masyarakat harus lebih peduli dengan kondisi sekitarnya saat ini. Pemerintah juga seharusnya dapat bekerjasama dengan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih serta ramah lingkungan, atau setidaknya dapat meminimalisir faktor-faktor tersebut.

 

Khansa Delphi Nareswari

XI MIPA 4

15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar