Cara Mengelola Keuangan dengan Baik

  

Cara Mengelola Keuangan dengan Baik

Keuangan adalah sesuatu hal yang sangat penting Anda kelola. Mengelola keuangan memang tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan. Namun, bagaimanapun juga Anda tetap harus berusaha untuk mengetahui cara mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Sebenarnya mengelola keuangan ada banyak cara. Anda tentu harus memilih cara manakah yang paling sesuai untuk Anda. Beberapa faktor seperti seberapa besar gaji Anda, seberapa besar pengeluaran Anda, apa saja tanggungan Anda, hingga rencana kedepan Anda akan menentukan bagaimana cara yang tepat untuk mengelola keuangan. Berikut adalah cara mengatur keuangan bulanan yang tepat untuk Anda.

1. Buatlah Anggaran Keuangan untuk Kedepannya.

Pertama yang mungkin kalian harus perhatikan adalah Membuat anggaran agar uang Anda yang akan digunakan dengan tepat. Usahakan selalu membuat skala prioritas karena Skala prioritas akan menghindarkan Anda membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan. Seperti contohnya, anda memiliki handphone yang sudah dibeli 1 tahun yang lalu, dan perkembangan teknologi ada hp yang sedang tren dikalangan masyarakat dan anda memutuskan membelikannya dengan tujuan mengikuti tren tersebut.itu termasuk perilaku pemborosan anggaran keuangan.

2. Mengatur Keuangan dengan Prinsip 50-20-30

Bila anda sudah berkerja pastinya memiliki penghasilan atau gaji. Setiap gajinya dibagi menjadi 3 bagian yaitu 50% sebagai biaya hidup sehari-hari, 20% sebagai uang tabungan ,dan 30% sebagai sisa anggaran untuk kepentingan hiburan,liburan, barang impian dan lainnya.

3. Melunasi Hutang

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar adalah dengan tidak memiliki hutang.jika kalian berhutang justru perekonomian kalian susah untuk tumbuh dan terbebani dengan adanya bunga.

4. Investasikan Uang Anda

Menginvestasikan uang adalah suatu keharusan di masa kini. Investasi saat ini dapat Anda lakukan dengan nominal yang mulai dari terendah sampai tertinggi. Seperti contohnya, Anda menginvestasikan rumah/tanah sebagai salah satunya investasi dikarenakan harga rumah/tanah akan makin bertambah nilai jualnya setiap tahunnya.

5. Simpan Uang Receh

Anda mungkin menganggap remeh uang receh yang Anda miliki. padahal tanpa terasa uang receh yang Anda kumpulkan dapat bermanfaat untuk keperluan tersier dan digunakan dikeperluan mendesak.

6. Jangan Lupa Menabung

Menabung memang sangatlah penting dalam mengelola keuangan dengan benar. Sepertinya semua orang sudah tahu mengenai pentingnya menabung. Tetapi satu hal yang penting adalah Anda sebaiknya tidak menyimpan uang terlalu banyak dalam tabungan.

Hal tersebut adalah karena uang Anda akan termakan inflasi. Investasi adalah sesuatu yang harus Anda pertimbangkan ketika mengelola keuangan Anda seperti yang sudah saya jelaskan.

7. Mengatur Kebutuhan yang Sesuai Keperluan

Pada dasarnya Anda dapat membagi kebutuhan Anda berdasarkan waktunya seperti jangka pendek, menengah, dan masa depan. Kebutuhan jangka pendek tentu harus Anda utamakan dalam pemenuhannya tetapi Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan masa depan Anda.

8. Catat Keuangan Bulanan

Kebiasaan ini mungkin seringkali dianggap remeh oleh kalian, padahal ini sangat berguna agar kita dapat mengelola keuangan lebih baik. Pencatatan keuangan bulanan Anda akan membantu Anda mengevaluasi pengelolaan keuangan Anda. Anda akan mengetahui sektor mana saja yang masih bisa Anda hemat dan sektor mana yang lebih bisa Anda prioritaskan.

9. Kendalikan Diri

Sebagian orang membeli sesuatu karena ketidaksabaran dalam memiliki barang tersebut. Hal itu adalah kewajaran bagi manusia tetapi tidak boleh terlalu berlebihan.

Mengelola uang sangatlah penting untuk diperhatikan. Ada banyak orang yang sangat boros ketika sedang mendapatkan banyak uang. Pada kasus seperti itu sebenarnya pikiran dan psikologi orang yang lebih berperan dalam mengelola keuangan.

Anda harus bisa menahan diri dan mengendalikan berbagai keinginan yang sesuai dengan kebutuhannya.

10. Kunjungi Konsultan Keuangan

Bila kalian merasa masih kesulitan dalam mengelola keuangan ,kalian bisa berkonsultasi dengan seseorang yang sudah ahli di bidangnya karena konsultan keuangan dapat memberikan saran-saran yang dapat memperbaiki pengelolaan keuangan kalian.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengelola uang dengan baik. Namun perlu kita ingat uang bukanlah segalanya dalam hidup. Namun cara mengelola keuangan yang tepat akan membantu Anda untuk menata hidup lebih baik.

 Mengatur keuangan sejak dini akan membantu Anda menyiapkan segala sesuatunya di masa depan. Selain itu Anda juga bisa memastikan kehidupan Anda dapat berjalan dengan baik untuk dirimu, bahkan tidak hanya Anda sendiri tetapi juga orang terdekat.

Archiepta Azarya Rahmat

Xi Mipa 2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar