Kemiskinan

Kemiskinan adalah tingkat penghasilan masyarakat yang rendah sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari hari ( makan,tempat tinggal,pendidikan, dan lainnya) umumnya masyarakat lain biasa tinggal di gubuk,kolong jembatan,bantara kali.

Kemiskinan terjadi sebab beberapa faktor, salah satunya adalah keterbatasan kelengkapan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Bangkrut, musibah, perbudakan, struktur sosial juga menjadi faktor penyebabnya.Struktur sosial dan perilaku menjadi dominasi faktor masalah kemiskinan. Perilaku konsumtif, gengsi, pengeluaran uang tidak sesuai dengan pemasukan juga termasuk. Faktor struktur sosial mengarah kepada masalah turun temurun (terutama masalah pendidikan orang miskin). Perilaku gengsi, sehingga masyarakat lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Selain faktor diatas kemiskinan juga terjadi karena kurangnya peran pemerintah dalam hal ini. Pemerintah Belum mengadakan program khusus untuk para korban kemiskinan, mungkin sudah tapi sangat bisa dibilang belum maksimal. Bantuan harusnya tidak hanya berbentuk uang namun juga memerlukan bantuan bimbingan agar mereka dibimbing untuk bisa merintis usaha sendiri.

Dengan demikian, pasti lapangan pekerjaan juga akan bertambah dan mampu mengurangi permasalahan lapangan pekerjaan di indonesia. Seharusnya di Indonesia tidak perlu ada kemiskinan. Apabila kita dapat dan mau menerima serta bersyukur terhadap apa yang dimiliki. Sifat-sifat buruk seperti yang disebut diatas harus kita hilangkan dan kerjasama pemerintah dan masyara3ckat sangat penting dalam menghilangkan kemiskinan di Indonesia.

Nama : Nisrina 

Nelas : 11 IPS 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar