Honjok | Seni Hidup Sendiri ala Korea

Istilah honjok (hon: sendirian, jok: suku, diucapkan hon-juk) merupakan istilah yang bisa diartikan sebagai sekelompok penyendiri, yang muncul pada tahun 2017, sebagai kata kunci dan aktivitas yang lazim di Korea Selatan. Honjok bisa dibilang sebagai suatu keadaan di mana seseorang melakukan segalanya sendiri, tanpa adanya sebuah ikatan dengan orang lain. Mereka sangat bangga akan hal ini, karena dinilai sebagai pribadi yang mandiri. Gaya hidup honjok menawarkan kesempatan untuk melepaskan diri dari kerumunan orang. Kesenangan individualisme menjadi kekuatan pendorong gaya hidup ini.

Adapun beberapa kondisi ini perlu diketahui serta diperhatikan terlebih dahulu untuk menikmati waktu sendirian ala gaya hidup honjok seperti: 1. Mengenai gaya hidup sendirian Jika saat ini kamu memilih hidup untuk diri sendiri dan bukan demi orang lain, ini adalah hakikat gaya hidup honjok. Menikmati me-time akan memberi kesempatan untuk memusatkan perhatian pada saat sekarang. Manfaat terbesar jika kamu melakukan honjok adalah kebebasan untuk memilih tanpa harus mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan orang lain, tanpa adanya larangan atau pembatasan. 2. Mengenai JOMO (Joy of Missing Out) JOMO merupakan istilah di mana kita merasakan bahagia jika ada janji, rencana, atau acara yang dibatalkan.Juga saat kamu memutuskan untuk tidak menghadiri acara yang didatangi banyak orang, dan malah memprioritaskan me time. JOMO dapat memberimu kesempatan untuk melakukan apa pun yang kamu suka. 3. Menikmati keaslian Gaya hidup honjok akan memberimu kesempatan untuk bebas mengatur diri sendiri, dan bebas memilih sesuka hati. Menghabiskan waktu sendirian (me-time) dapat membuatmu dengan mudah mengungkapkan jiwa sejatimu. Tanpa perlu berpura-pura, dan bisa tampil apa adanya. 4. Lebih banyak waktu untuk diri sendiri Kamu dapat memilih untuk mengisinya dengan kegiatan yang menyenangkan, seperti membaca, memasak, menulis, menonton film, mendengarkan lagu, dan masih banyak lagi cara untuk menikmati me-time yang dapat membuatmu bahagia.

Gaya hidup ala honjok memiliki sejumlah manfaat yang tanpa kamu sadari sangat berdampak pada diri kita. Dengan gaya hidup ala honjok ini kita dapat menikmati waktu sendiri (me time) dan lebih mengenal kepribadian diri sendiri.

Nama : Mu'jizah indah 

kelas : 11 IPS 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar