Prosedur Naik Kereta Api

Prosedur Naik Kereta Api

 Transportasi membantu kita untuk sampai ke tujuan dengan waktu yang relatif cepat. Dan salah satu alat transportasi publik yang banyak orang pilih adalah kereta api. Ketika kita ada urusan keluar kota tapi ingin cepat sampai dan harga yang lebih murah kita bisa menggunakan kereta api. Tapi ,bagaimanakah cara agar kita bisa naik kereta api. Karena zaman semakin kesini prosedur atau teknis nya pun berbeda.banyak orang yang bingung bagaimana cara naik kereta khususnya mereka yang baru pertama kali / sudah lama tidak naik kerata api. Jika dulu calon penumpang yang akan naik kereta api harus mengantre di loket untuk membeli tiket. Pasalnya, sekarang diberlakukan prosedur check-in sebelum naik kereta api. Untuk itu saya akan menjelaskan prosedur naik kereta api yang bisa kalian pilih. 

1.Pesan tiket kereta api

   Dalam langkah memesan tiket kamu juga bisa membeli dengan mendatangi loket. Saran ketika membeli lewat loket yaitu waktu keberangkatan tidak dalam kondisi ramai sehingga memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan tiket,jika tidak kamu bisa memesan tiket kereta lewat online. Kalian bisa pesan tiket kereta secara online melelui website / aplikasi. Kalian juga bisa memilih jenis kelas dan kursi sesuai keinginanmu. Setelah itu simpan kode booking yang kamu dapatkan via email. Ini diperlukan ketika kamu akan check-in untuk mendapatkan boarding pass.

2.Check-in dan cetak boarding pass

   Kalian bisa mendatangi mesin check in mandiri atau CTM yang ada distasiun keberangkatan. Selanjutnya,masukkan code booking untuk mencetak boarding pass. Boarding pass ini berisi nama,tanggal keberangkatan,nama kereta,dan nomor perjalanan. Kemudian boarding pass akan keluar dari mesin lalu ambil.

3. Tunjukkan boarding pass dan kartu identitas kepada petugas

   Sebelum masuk peron,tunjukkan boarding pass dan kartu identitas(KTP/Kartu Pelajar/ yang lainnya)kepada petugas.nantinya boarding pass kalian akan di scan dan dicocokkan dengan identitasmu. Setelah itu kamu boleh masuk dan menunggu waktu keberangkatan. Ingat untuk tetap menyimpan boarding pass-nya karena akan ditunjukkan kepadapetugas di dalam kereta.

4. Naik ke gerbong kereta dan cari tempat dudukmu

  Tanyakan kepada petugas di sekitarmu terkait posisi kereta akan datang. Setelah kalian mencari gerbong keretanya dan naik, carilah tempat dudukmu, lalu simpan barang ditempat yang telah disediakan. Dan jangan lupa, petugas akan berkeliling untuk menanyakan/meminta bukti kartu identitas dan boarding pass kalian. Lalu,kalian bisa menikmati perjalanan sambil berinteraksi dengan sekelilingmu. Dan yang terakhir patuhi aturan yang ada selama kalian berada di dalam Kereta Api.

Muhammad Rakan Hakim / Xi Mipa 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar