Tips Aman Menggunakan Gawai agar Tidak Merusak Mata

Pada zaman sekarang, penggunaan gawai sudah menjadi kebutuhan penting sehari-hari untuk semua orang. Segala sesuatu akan bisa lebih mudah dengan menggunakan gawai, seperti berkomunikasi, mencari suatu informasi dan update berita terkini.

Pada saat masa pandemi sekarang, gawai akan lebih dibutuhkan dan sering digunakan karena kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Hal tersebut mengakibatkan anak-anak sekolah akan menghabiskan waktu lebih lama untuk menatap layar smartphone atau komputer.

Paparan layar smartphone dan komputer dapat mengganggu kesehatan mata. Gelombang elektromagnetik pada smartphone dan komputer akan menimbulkan radiasi di sekitar kepala terutama mata. Oleh karena itu, berikut adalah tips aman menggunakan gawai agar tidak merusak mata.

1.      Jaga Jarak Terhadap Mata

Jaga jarak layar smartphone dengan mata sekitar 20-30 cm. Hindari menggunakan smartphone terlalu dekat.

2.      Istirahatkan Mata

Jangan biarkan mata terlalu lama menatap layar. Biasakan mengistirahatkan mata setiap 20-30 menit sekali.

3.      Matikan Gawai Menjelang Tidur

Jangan terlalu sering menggunakan gawai sebelum tidur, karena dapat menyebabkan mata berair dan membuat susah tidur yang dapat menyebabkan insomnia.

4.      Atur Cahaya yang Tidak Terlalu Terang

Setiap gawai pasti memiliki fitur untuk mengatur cahaya layar. Atur cahaya agar tidak terlalu terang dan nyaman di mata. Cahaya yang terlalu terang dapat membuat mata cepat lelah.

5.      Sering Berkedip

Menggunakan gawai bisa membuat intensitas berkedip berkurang. Dengan kurangnya berkedip bisa menyebabkan mata cepat kering.

6.      Hindari Menggunakan Gawai Sambil Tiduran

Menggunakan gawai sambil tiduran sering mengakibatkan mata minus. Ketika cahaya layar tepat berada di atas mata dapat meningkatkan kerusakan retina mata, atau bahkan kebutaan.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menggunakan gawai dengan aman. Namun perlu diingat bahwa tips di atas hanya dapat mengurangi dampak buruk menggunakan gawai bukan menghindari kerusakan mata akibat gawai. Lebih baik jika kita menggunakan gawai dengan bijak agar mata tetap sehat.


M. Alfarizi Juhaida

XI MIPA 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar