Tips Membagi Waktu agar Produktif


Dalam 1 hari kita semua memiliki 24 jam untuk melakukan aktifitas mulai dari bekerja sampai tidur. Namun, kenapa ada orang yang bisa lebih produktif dari kita? Itu di karenakan mereka yang bisa lebih produktif dari kita bisa membagi waktu dengan baik, untuk itu bagi anda yang belum bisa mengatur waktu dengan baik berikut tips-tips membagi waktu agar menjadi lebih produktif.

 

1.     Buat To-Do list

Sebelum kita melakukan sesuatu alangkah baiknya kita membuat perencanaan agar bisa lebih efektif dalam melakukan sesuatu, karena jika tidak adanya perencanaan kita akan kebingugan untuk melakukan sesuatu dan membuat kita membuang waktu dengan sia sia.

 

Untuk itu kita bisa membuat daftar aktifitas kita pada malamsebelum bekerja dan bisa juga menggunakan aplikasi yang ada pada smartphone kita masing masing.

 

2.     Buat skala proiritas

     kemudian setelah membuat daftar kita membuat skala prioritas untuk menentukan mna yang di prioritaskan terlebih dahulu mana yang bisa di kesampingkan terlebih dahulu. Setelah menentukan mana yang di prioritaskan telebih dahulu maka langsung laksanakan apa yang sudah di prioritaskan tetapi tetap tidak mengabaikan nonprioritas.

 

3.      Tentukan tenggat waktu

Untuk setiap pekerjaan yang anda lakukan bu harus mempunyai batas atau tenggat waktu yang pasti, hal ini untuk memastikan agar anda melakukan perkerjaan dengan tepat pada waktunya, tenggat waktu juga melatih anda agar lebiuh bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang anda kenjakan.

 

4.      Fokus pada pekerjaan

Agar bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu anda harus melakukannya dengan fokus dan meninggalkan semua yang berpotensi menimbulkan gangguan seperti smartphone dan lain lain. Untuk itu anda bisa mematian smartphone atau meng-silent mode agar mematikan notifikasi pada smartphone.

 

5.     Ambil istirahat yang cukup

Untuk setiap pekerjaan yang anda lakukan berikan kesempatan tubuh dan otak untuk beristirahat sekitar 10-15 menit, gunakan waktu istirahan untuk sekedar meregangkan otot bada atau menghirup udara segar. Karena jika kita memaksakan sesuatu itu hanya membuat hasil yang tidak maksimal


Semakin pintar Anda mengatur waktu, semakin dekat pula anda meraih tujuan atau impian. Oleh karena itu, cobalah cara mengatur waktu yang telah saya jelaskan di atas mulai sekarang juga. Selamat mencoba!


Ahnaf Raihan

XI MIPA 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar