Tips Menjaga Kesehatan Ginjal


Ginjal merupakan organ tubuh penting yang harus dijaga kesehatannya. Fungsi ginjal adalah menyaring darah dan membuang limbahnya dalam bentuk urin. Urin yang normal mengandung racun, garam, dan urea. 

 

Selain itu, ginjal juga berperan dalam mengendalikan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur sel darah merah, hingga menjaga keseimbangan pH tubuh. Dapat dibayangkan bukan, bagaimana jadinya jika fungsi ginjal terganggu? Maka, fungsi tubuh lainnya juga akan terganggu. Nah, supaya ginjal dapat berfungsi normal sebagaimana mestinya, tentunya organ ini harus selalu dirawat. Berikut beberapa cara agar kesehatan ginjal tetap terjaga.

 

1.       Minum Air Putih yang Cukup

Setiap orang pasti sudah tahu jika air sangat penting bagi tubuh. Bahkan, hampir sebagian besar komponen tubuh terdiri dari air atau cairan. Rupanya, salah satu peran air guna menjaga kesehatan ginjal. Jadi, penting bagi tiap orang untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Lalu, seberapa banyak kebutuhan cairan yang harus dipenuhi oleh setiap orang? Menurut hasil referensi, kebutuhan cairan seseorang dapat dihitung dari kebutuhan kalorinya. 

2.       Konsumsi Makanan Sehat

Selain mengoptimalkan kebutuhan air bagi tubuh, asupan nutrisi yang masuk juga harus diperhatikan. Hal ini penting guna menjaga kesehatan ginjal. Caranya, hindarilah berbagai jenis makanan yang mengandung zat pewarna sintetik juga zat pengawet. Sedangkan untuk jenis minuman berwarna seperti teh dan kopi boleh-boleh saja. Namun, pastikan jika air putih tetap diutamakan guna menyeimbangkan kebutuhan cairan tubuh.

3.       Olahraga Secara Rutin

Olahraga yang teratur sudah pasti mendukung kesehatan tubuh termasuk kesehatan ginjal. Tahukah Anda, daripada olahraga sekali waktu dalam secara terus-terusan, lebih baik olahragalah sekitar 15 hingga 30 menit rutin sebanyak 3 kali seminggu. Rupanya, kebiasaan tersebut sangat baik untuk membantu tubuh jauh lebih bugar. Disamping itu, olahraga secara rutin juga mampu mengurangi risiko kardiovaskuler dan menjaga berat badan supaya tetap stabil.

4.       Hindari Konsumsi Obat Sembarangan

Biasanya, seseorang akan terbiasa mengonsumsi suplemen, vitamin, hingga obat herbal ketika kondisi kesehatannya tidak fit. Sekilas, pasti banyak orang beranggapan hal tersebut sah-sah saja dan tidak masalah. Namun, dengan catatan jika kebiasaan tersebut tidak berlebihan atau terlalu sering ya. Sebab, ketika seseorang mengonsumsi obat tanpa resep dokter dengan dosis tinggi sudah pasti akan membahayakan kerja ginjal. Jadi, usahakan untuk tidak sembarangan dalam konsumsi obat guna menjaga kesehatan ginjal.

5.       Menjaga Kadar Gula Darah

Terutama bagi pasien diabetes, usahakan untuk selalu menjaga kadar gula darah supaya tetap normal dan terkendali. Sebab, ketika seseorang mengalami diabetes, jelas akan mengganggu kesehatan ginjalnya. Caranya dengan memerhatikan pola makanan yang dikonsumsi.

 

Nah, itulah beberapa langkah menjaga kesehatan ginjal supaya tetap berfungsi normal. Pastikan anda membaca dengan cermat dan setelah membaca segera lakukan langkah langkah tersebut agar kesehatan ginjal tetap terjaga. Karena kesehatan adalah harta yang paling mahal dari diri kita, maka tetap jaga kesehatan tubuh kita.


Indra Pamungkas

XI MIPA 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar