Bersyukur [resensi]

Resensi Cerpen : Bersyukur 


Identitas Cerpen

Judul Cerpen : Buka Puasa

Nama Pengarang : Gandi Sugandi

Tempat Terbit : Bandung

Tanggal Terbit : 16 April 2021

Jumlah Halaman : 1 Halaman

 Sinopsis Cerpen 

Pada hari itu, pergelangan kaki Mang Oleh terdapat luka menganga. Ternyata luka tersebut karena ia salah sasaran saat hendak membidik lintah dengan cangkul, sehingga melukai pergelangan kakinya. Karena luka tersebut, maka besok Mang Oleh tidak bisa bekerja dulu. Kemudian ia menyerahkan uang hasil jerih payahnya hari ini kepada istrinya untuk membeli beras dans ebagian untuk berobat besok ke puskesmas. Karena Mang Oleh tidak bisa bekerja, maka istrinya lah yang besok akan bekerja menggantikan Mang Oleh. Selepas berobat, Mang Oleh memaksa ingin memancing di sungai. Sang istri melarangnya, tetapi Mang Oleh tetap memaksa. Akhirnya sang istri pun mengizinkannya dengan syarat harus berhati-hati. Sore itu berkat hasil memancing Mang Oleh dan hasil bekerja istrinya, mereka berdua bisa berbuka puasa dengan nikmat. Namun istrinya resah akan hari esok akan berbuka dengan apa. Mang Oleh menjawab, istrinya menanam padi lagi dan Mang Oleh memancing lagi.

Keunggulan Cerpen

Bahasanya sederhana dan mudah dipahami. Cerita tidak berbelit. Memiliki makna yang dalam dengan penyampaian yang sederhana.

Kelemahan Cerpen

Kurang menjelaskan suasana yang terjadi. Terlalu singkat.

Rekomendasi

Cerpen ini sangat mudah untuk dibaca karena memiliki bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, cerpen ini juga memiliki makna yang dalam dengan penyampaian yang sederhana. 


Nama : Anisa Nursabila 

Kelas : XI MIPA 3 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar