Utang Lastri




Identitas cerpen

Judul cerpen: Utang untuk Foya-Foya

Nama pengarang: Khuswatun Khasanah

Penerbit: Republika

Tanggal terbit: Minggu, 4 April 2021


Sinopsis cerpen

Lastri meminjam uang padaku dengan alasan untuk biaya pengobatan saudaranya. Teringat pesan mertua untuk selalu membantu teman kerja yang membutuhkan, maka langsung ku pinjamkan uangku pada Lastri. Suatu hari aku terkejut melihat Lastri masuk ruangan dengan slim bag yang terlihat baru dan mewah. Lastri mengatakan tas tersebut dari transferan pacarnya. Aku merasa ada yang janggal, tetapi berusaha untuk tidak ikut berkomentar. Aku mendapat informasi yang mengatakan bahwa Lastri suka mengutang dengan berbagai alasan. Informasi tersebut membuat perasaanku buruk hingga pulang ke rumah. Suamiku menyuruhku untuk tetap berteman dengan Lastri setelah ku ceritakan apa yang terjadi padaku dan Lastri. Baru saja aku akan menuruti suamiku, aku melihat strory whatsapp Lastri yang menyinggungku dengan mengatakan suamiku yang karyawan tetap BUMN pelit dan perhitungan. Aku yakin sindiran itu ditujukan kepadaku. Aku geram dan mengurungkan niatku untuk mengikuti perkataan suamiku.


Keunggulan cerpen

Cerpen ini menggunakan Bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami. Cerpen ini banyak menyebutkan kebiasaan baik yang dapat dicontoh seperti puasa daud, puasa senin kamis, menolong sesama, dan tidak mubadzir.


Kelemahan cerpen

Terdapat penyebutan yang tidak konsisten. Sebelumnya disebutkan untuk saudara, tetapi di akhir cerita disebut untuk bapak.


Rekomendasi 

Cerita ini mengangkat tema sederhana yaitu kejadian yang biasa terjadi di dalam kehidupan. Cerita pendek ini cocok dibaca oleh semua kalangan dan semua umur terutama yang akan menghadapi dunia kerja agar mengetahui bahwa tidak semua orang sesuai dengan ekspetasi kita.


Nama: Nadhifa Zahra Kurniawan
Kelas: XI MIPA 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar