6 Cara Mudah Hidup Sehat

 


Di tengah pandemi ini, kesehatan tentu menjadi hal yang sangat berharga. Banyak orang yang melakukan berbagai upaya agar dapat hidup sehat. Hidup sehat adalah hidup yang bebas dari semua masalah rohani (mental) ataupun masalah jasmani (fisik). Ada beberapa cara mudah hidup sehat yang dapat kita lakukan, yaitu:

1. Banyaklah Minum Air Putih

 Dalam sehari, kita harus minum air putih minimal dua liter atau sekitar delapan gelas. Jumlah air putih yang diminum dalam sehari juga harus disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, kita juga harus minum lebih banyak air putih. Hal ini karena air putih sangatlah penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat air putih, yaitu menjaga kesehatan pencernaan, memelihara kesehatan kulit, mencegah terbentuknya batu ginjal, dan menjaga tekanan darah. Kurang minum air putih dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti menyebabkan sembelit, tekanan darah menurun, kram otot, dan strok.

2. Kurangi Konsumsi Gula

 Jumlah maksimal konsumsi gula dalam sehari adalah 30 gram atau sekitar tujuh sendok teh. Apabila kita cari tahu, kandungan gula dalam 250 ml teh kemasan sendiri sudah sekitar 21 gram atau 4,1 sendok teh. Hal ini tentu mencapai dua pertiga dari maksimal jumlah gula yang seharusnya kita konsumsi. Oleh karena itu, untuk mengurangi konsumi gula kita dapat memulainya dengan mengurangi minum minuman kemasan dan makanan yang terlalu manis serta menggantinya dengan gula alami yang berasal dari buah dan sayur.

3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

 Kita sebaiknya dapat memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Hal ini mungkin terlihat sulit karena di zaman modern ini terdapat beranekaragam makanan. Padahal apabila diperhatikan, makanan tersebut belum tentu baik untuk tubuh kita. Oleh karena itu, cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan memperbanyak memakan buah dan sayur serta perlahan mengurangi mengonsumsi makanan siap saji dan makanan kemasan.

4. Teraturlah dalam Berolahraga

Dalam seminggu, kita idealnya berolahraga minimal 150 menit. 150 menit mungkin terasa begitu berat. Namun, kita dapat membaginya menjadi beberapa hari, seperti lima kali dalam seminggu dengan durasi olahraga 30 menit per hari. Jika hal itu masih terasa berat, kita bisa memulainya dengan perlahan. Contohnya adalah olahraga seminggu sekali dengan durasi sesuai kemampuan. Teratur dalam berolahraga tentu lebih penting dibandingkan kita melakukannya sesekali meskipun dengan durasi yang lama. Agar bisa lebih konsisten berolahraga, kita bisa memilih untuk melakukan olahraga yang disukai.

5. Istirahatlah yang Cukup

Istirahat yang cukup tentu menjadi salah satu hal yang penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat istirahat yang cukup, yaitu mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan konsentrasi saat beraktivitas, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kita idealnya dapat tidur delapan jam per hari. Apabila kita merasa kesulitan tidur, kita dapat melakukan beberapa cara agar dapat beristirahat dengan baik, seperti buatlah kondisi kamar senyaman mungkin, hindari mengonsumsi kafein terlalu banyak, dan tenangkan pikiran.

6. Hindari Stres

Menghindari stres tentu bukan hal yang mudah karena stres sering kali muncul tiba-tiba tanpa bisa kita cegah. Stres yang berkelanjutan atau tanpa penanganan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti menyebabkan sakit kepala, nyeri otot, jantung berdebar tidak normal, gangguan tidur, dan pada wanita dapat menyebabkan gangguan menstruasi. Oleh karena itu, kita sebaiknya berusaha untuk mengatasi stres. Beberapa cara untuk mengatasi stres, yaitu lakukanlah aktivitas yang disukai, lakukan meditasi, dan ceritakan masalah kepada orang yang bisa dipercaya.

 

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar