CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DAN TEPAT PADA SAAT PEMBELAJARAN DARING

 

CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DAN TEPAT PADA SAAT

PEMBELAJARAN DARING

      Sumber: https://pin.it/fsKroMg

Saat ini kita dihadapkan dengan kondisi pandemi covid-19. Di masa pandemi ini, banyak terjadi perubahan-perubahan sebagai bentuk adaptasi. Salah satunya yaitu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh di rumah masing-masing secara daring. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus.

Pada kenyataannya, saat kondisi normal pun pembelajaran masih kurang efektif dan kondusif. Apalagi saat kondisi pandemi seperti sekarang ini. Kegiatan belajar daring tentu memiliki tantangan tersendiri. Dimana kita harus punya komitmen yang kuat untuk disiplin dan belajar mandiri.

Tetapi sekarang, walaupun pembelajaran dilakukan secara daring, kita harus mampu untuk tetap produktif dan efisien dalam belajar. Berikut cara belajar yang efektif dan efisien selama belajar di rumah:

1. Usahakan dalam kondisi siap dan rapi saat memulai pembelajaran

Mengawali pembelajaran dengan kondisi yang siap dan rapi dapat membantu kita untuk lebih konsentrasi saat belajar. Usahakan untuk menciptakan suasana seperti pembelajaran luring. Dimana dalam kondisi sudah mandi, sarapan, bahkan boleh juga memakai seragam sekolah. Dengan demikian, kita akan lebih semangat dalam belajar.

2. Sediakan tempat belajar yang nyaman

Tempat belajar yang nyaman mampu memengaruhi fokus dan suasana hati kita. Dengan tempat belajar yang nyaman,  kita akan jauh lebih fokus. Ingat! Jangan belajar di atas kasur. Ketika kita belajar di atas kasur, rasa malas akan lebih mudah timbul. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran menjadi tidak kondusif.

3. Tetap fokus

Selama proses pembelajaran berlangsung, lebih baik kita tetap berada di posisi kita dan tidak nyambi. Fokuslah mengikuti proses pembelajaran, baik ketika guru mengadakan zoom atau google meet, atau hanya mendengarkan materi youtube. Usahakan pula untuk membuat catatan berdasarkan apa yang kita pahami. Bukan hanya menyalin saja, tetapi pahami terlebih dahulu baru mencatat.           

4. Menyusun skala prioritas

            Skala prioritas yaitu kebutuhan yang harus  dipenuhi sesuai dengan levelnya. Dimulai dari kebutuhan yang paling penting hingga kebutuhan yang bersifat bisa ditunda pemenuhannya. Menyusun skala prioritas dapat memudahkan kita untuk mengerjakan sesuatu yang lebih penting terlebih dahulu.

5. Tidak menunda

            Ketika kita menunda untuk mengerjakan suatu pekerjaan, kita akan semakin malas untuk mengerjakannya. Apalagi selama pembelajaran daring, dimana kita lebih fleksibel untuk melakukan sesuatu. Namun, jangan sampai kita menunda-nunda. Salah satu cara agar kita tidak menunda-nunda adalah membuat to-do-list.

6. Atur jadwal

            Buatlah jadwal keseharian sesuai kebiasaanmu dan usahakan untuk menyeimbangkan dengan kebutuhan. Seimbang antara kegiatan belajar, istirahat, ibadah, dan lain sebagainya. Jangan memaksakan jadwal yang terlalu padat karena nantinya itu akan menyulitkan diri sendiri.

7. Tentukan teknik belajar

            Cara yang tak kalah penting yaitu menentukan teknik belajar. Ada 3 teknik belajar yaitu visual, audio, dan kinestetik. Setelah kita paham mengenai teknik belajar kita, maka maksimalkan teknik itu. Bisa juga kita kenali cara belajar kita, seperti kapan waktu yang efektif untuk belajar, cukup melihat atau sambil mencatat, atau sambil mendengar musik, dan lain sebagainya.

8. Jalin komunikasi yang baik dengan teman dan guru

            Walaupun dalam kondisi daring dan tidak bertemu secara langsung, komunikasi dengan teman dan guru tidak boleh sampai putus. Di masa seperti ini, kita bisa menjalin komunikasi melalui chat, telfon, dan media lainnya. Dengan kita tetap menjalin komunikasi, proses pembelajaran akan terasa lebih mudah.

9. Jangan sampai kurang minum air putih

            Salah satu manfaat dari meminum air putih yaitu dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi kita. Selain itu, air putih sangat penting untuk kesehatan. Usahakan untuk selalu menyediakan air putih di dekat kita. Pastikan pula kita meminum air putih yang cukup.

10. Istirahat yang cukup

            Jangan memaksakan diri untuk terus berkegiatan seharian penuh. Istirahat juga perlu untuk kesehatan tubuh. Usahakan untuk tidak tidur kemalaman dan tidak memforsir diri.

 

            Nah, itu dia cara belajar yang efektif dan efisien selama belajar di rumah. Semoga bisa diterapkan agar kegiatan belajar mengajar di rumah semakin lancar dan produktif.  Jangan jadikan pandemi sebagai alasan untuk berhenti berproses. Semangat!

 

Nama: Az Zahra Daffa Gayu Faadhilah

Kelas: XI MIPA 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar