Cara Berkebun di Rooftop

                                                                                     


            Memiliki sebuah taman di rumah tentu menjadi idaman hampir semua orang. Selain membuat lingkungan rumah menjadi sejuk, taman di rumah juga membuat pemiliknya nyaman dan dapat mendatangkan kesenangan tersendiri saat berada di rumah. Selain taman di halaman rumah, ternyata atap rumah juga bisa dijadikan area untuk bercocok tanam lho! karena letaknya berada di atap, taman ini sering dikenal dengan rooftop garden. Rooftop garden ini merupakan solusi yang tepat bagi yang di rumah atau di gedung tidak memiliki cukup ruang untuk dijadikan area hijau. Rooftop garden  adalah sebuah taman yang berada pada bagian atap bangunan yang umumnya dibuat untuk menciptakan kesan hijau dan memanfaatkan lahan yang ada secara maksimal.

            Banyak sekali manfaat dari adanya rooftop garden ini. Selain manfaat dekoratif, taman ini juga bisa membantu mengurangi stress, menciptakan udara yang lebih bersih, mengontrol suhu, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, ada beberapa cara sederhana untuk menciptakan rooftop garden sendiri:

 

·            Tahap pertama: Mempersiapkan semua peralatan berkebun seperti sekop, cangkul, dan alat penyiram tanaman.

·           Tahap kedua: Mulailah menyiapkan tempat di bagian atas rumah seperti balkon agar bisa mengakomordir seluruh tanaman yang akan ditanam.

·           Tahap ketiga: Menyiapkan berbagai tempat untuk menyimpan tanaman seperti pot baik yang berukuran kecil maupun yang sedikit besar

·           Tahap keempat: Isilah pot-pot tersebut dengan media tanam atau tanah dan masukkan tanaman-tanaman tersebut ke dalam pot dan timbun lagi dengan tanah sampai akar tidak terlihat.

·          Tahap kelima: Pastikan agar ukuran tanaman yang dipilih tidak terlalu besar agar nantinya bisa melihat dan mengatur perkembangannya dengan mudah. Jika ada tanaman yang tumbuh terlalu besar potonglah agar tidak menutupi pemandangan.

·           Tahap keenam: Jangan lupa untuk memasang pencahayaan yang cukup supaya di saat malam hari bisa menikmati pemandangan di rooftop garden tersebut.

 

    Itulah tahap-tahap untuk membuat rooftop garden sendiri. Bagaimana, tertarik membuatnya? Anda bisa coba terapkan dan menjadi inspirasi Anda dalam membangun taman di atap. Desain dari rooftop garden dapat disesuaikan dengan selera Anda. Jangan lupa setelah membuatnya pastikan agar Anda terus merawat dan menjaga tanaman Anda agar bisa tumbuh dengan subur.

- Almira Sonia Hamidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar