Cara Mahir Berbahasa Inggris

                                                      


         Di era globalisasi saat ini banyak orang yang sudah mahir berbahasa Inggris. Karena kemampuan berbahasa Inggris sangat penting dan akan menjadi bekal utama dalam pekerjaan, karir, dan lain sebagainya. Bahasa Inggris sendiri sudah menjadi bahasa internasional. Mengapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional? Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional karena dianggap sebagai sebuah bahasa yang relatif mudah untuk dipelajari.

Ketika mulai belajar bahasa, sebagian besar orang mudah menyerah sebelum mencoba. Memang belajar bahasa tidak semudah itu, apalagi menghafal kosakata yang terdengar asing ditelinga kita. Sama halnya dalam belajar bahasa Inggris. Faktanya dalam bahasa Inggris, hanya sekitar 300 kata yang meliputi 65% bacaan dan penulisan sehari-hari. Ternyata belajar bahasa Inggris tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan menerapkan beberapa tips ini kamu bisa mahir berbahasa Inggris.

1.      Mencoba menonton film atau serial berbahasa Inggris tanpa subtitle

Jika kamu suka menonton film dan serial atau lebih tepatnya yang berbahasa Inggris, kamu bisa memulai melatih kemampuan berbahasa Inggris kalian dengan menonton film dan serial tersebut tanpa subtitle. Dengan ini kamu akan mencoba untuk menerjemahkan bahasa Inggris dan memahaminya.

2.      Membuat kamus berisi kosakata bahasa Inggris

Dengan cara ini mempermudah kamu dalam menghafal kosakata baru. Kamu bisa mencatatnya di notes ponsel atau di notebook kamu agar bisa dibawa kemana-mana.

3.      Sering-seringlah berkomunikasi dengan bahasa Inggris

Kamu bisa mengajak keluarga, teman, atau siapa pun untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Dengan seperti ini kamu bisa mengetauhi seberapa menigkatnya kemampuan berbahasa Inggris kamu.

4.      Mendengarkan lagu, podcast, dan berita yang menggunakan bahasa Inggris

Dengan mendengarkan berita, lagu, dan podcast akan menambah tingkat kesensitifan telinga kamu terhadap bahasa Inggris (listening) dan mengetahui cara pengucapan suatu kata.

5.      Sering membaca literatur berbahasa Inggris

Membaca buku berbahasa Inggris akan melatih kemampuan dalam memahami kalimat dan susunan suatu kalimat dalam bahasa Inggris.

Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan luruskan niat agar dimudahkan dalam belajar. Jika menemukan kesulitan saat proses pembelajaran maka jangan cepat menyerah agar capaian yang diinginkan tercapai. Dan belajarlah dengan metode belajar yang sesuai agar tidak cepat bosan dan  menikmati proses pembelajaran.


- Gesty Dyah Witarini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar