Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Baik dan Benar

                                                                                     


        Kipas angin merupakan alat yang dipergunakan untuk menghasilkan angin yang berguna untuk mendinginkan udara, serta memberikan efek menyegarkan disaat udara terasa panas. Selain itu, kipas angina juga dapat menjadi exhaust fan dan alat pengering. Kipas angin menjadi salah satu alat yang paling diandalkan untuk mengusir rasa panas atau gerah di dalam rumah karena alat ini sangat praktis dan ekonomis.

Selain itu perawatan kipas angin juga terbilang cukup mudah, yaitu dengan cara membersihkannya secara teratur. Perawatan kipas angin sebaiknya dilakukan sebelum debu yang ada pada permukaan kipas menumpuk. Karena, debu-debu tersebut akan tertiup kembali ke udara dan terhirup oleh manusia. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan dan dapat memicu alergi serta gangguan pernapasan.

Oleh karena itu, membersihkan kipas angin secara teratur sangatlah penting, minimal satu bulang sekali. Namun, bagaimana cara membersihkan kipas angin dengan benar? Berikut ini beberapa tips membersihkan kipas angin dengan benar:

1.     Cabut kabel

Langkah yang pertama saat membersihkan kipas angin yaitu pastikan kabel tidak terhubung dengan aliran listrik. Hal ini sangat penting untuk menghindari korsleting listrik saat tahap pembersihan.jika kabel kipas angin baru saja  dicabut, maka diamkan dulu beberapa saat agar panas pada mesin hilang.

 

2.     Siapkan alat

Selanjutnya, siapkan alat-alat untuk membersihkan kipas angin. Peralatan yang anda butuhkan yaitu kain lap basah dan kering, obeng, sponge, sabun, dan sapu untuk membersihkan debu yang terjatuh ke lantai. Untuk melindungi pernapasan anda dari debu-debu yang berterbangan saat tahap pembersihan, pastikan untuk memakai masker wajah.

3.     Lepaskan penutup baling-baling kipas

Langkah yang selanjutnya, pastikan anda melepas penutup baling-baling kipas dengan menggunakan obeng untuk membuka sekrupnya. Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk memegangi sisi penutupnya agar tidak terjatuh saat dilepaskan. Namun jika anda melakukannya sendirian, anda dapat melepaskannya dengan posisi kipas angin terbaring.

4.     Bersihkan penutup baling-baling

Jika penutup baling-baling sudah terlepas, anda dapat membersihkan dengan air dan sabun. Anda dapat menggunakan air mengalir atau menggunakan shower untuk menghilangkan debu-debu yang menempel. Selain itu, anda juga dapat menggunakan sponge dan sabun agar lebih bersih. Kemudian keringkan penutup baling-baling dengan cara diangin-anginkan atau menggunakan lap kering.

5.     Bersihkan baling-baling

Tahap ini merupakan tahap yang sangat penting, yaitu membersihkan baling-baling dari debu yang menumpuk. Anda bisa membersihkannya dengan cara melepas baling-baling kipas kemudian bersihkanlah debu menggunakan sapu. Setelah itu siram menggunakan air dan cuci menggunakan sabun. Tetapi jika anda ragu untuk melepas baling-baling kipas, anda cukup membersihkan debu yang menumpuk pada baling-baling kipas menggunakan lap basah. Setelah itu diamkan hingga kering sempurna.

6.     Lap bagian kepala dan badan kipas

Langkah yang selanjutnya, membersihkan seluruh bagian kipas menggunakan lap kering lalu membersihkan kembali menggunakan lap basah. Setelah itu, lap kembali semua bagian hingga kering.

7.     Pasang kembali penutup baling-baling

Jika semua bagian telah dibersihkan, langkah yang terakhir yaitu memasang kembali penutup baling-baling. Anda bisa meminta tolong bantuan orang lain jika kesulitan dalam memasangnya kembali. Patikan untuk memasang bagian ini dengan benar dan berhati-hati agar kipas angin tidak sampai rusak.

            Itulah langkah-angkah dalam membersihkan kipas angin dengan benar. Dan pastikan untuk berhati-hati dalam melakukan langkah-langkah tadi agar kipas angin tidak sampai rusak. Jika kita pintar dan rajin dalam membersihkan kipas angin, maka kipas angin yang kita miliki tidak akan cepat rusak dan lebih tahan lama.

- Azmi Nur Evelyn

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar