Cara Membuat Keju Aroma

 Cara Membuat Keju Aroma



Dalam rangka antisipasi penyebaran virus COVID-19, Pemerintah RI telah menerapkan beberapa kebijakan. Salah satunya adalah kebijakan di rumah saja yang mengharuskan kita melakukan segala sesuatu dari rumah. Adapun belajar yang kita lakukan dengan daring. Banyak pelajar terkadang merasa jenuh dengan tugas-tugas yang selalu menumpuk dan membutuhkan kegiatan yang dapat mengalihkan sekejap dari tugas. Dulu, mereka pergi bermain bersama teman-teman walaupun hanya sekedar berkeliling kota di akhir pekan. Pada  masa pandemi ini, kegiatan bermain di akhir pekan tidak bisa dilakukan. Ada cara lain untuk mengganti kegiatan bermain di luar rumah dengan memasak. Berkreasi di dapur menggunakan bahan yang bermacam-macam, mengolahnya, kemudian menikmatinya dengan kebahagiaan yang hakiki. Salah satu resep yang wajib dicoba adalah keju aroma. Olahan berbahan dasar lumpia ini mampu menciptakan cita rasa yang autentik dan mewah. Mari kita simak bagaimana cara membuat keju aroma.

A.    Alat:

1.      Talenan.

2.      Pisau.

3.      Wajan.

4.      Sudip.

B.     Bahan:

1.      10 lembar kulit lumpia.

2.      1 balok keju.

3.      3 sendok makan gula pasir.

4.      1 sendok makan tepung terigu.

5.      500 ml minyak.

C.    Langkah-langkah:

1.      Potong keju membentuk dadu yang berukuran persegi panjang.

2.      Siapkan 1 lembar kulit lumpia, kemudian berilah 1 potong keju dan taburan gula.

3.      Gulunglah dengan rapi dan rekatkan menggunakan tepung terigu yang telah dicairkan. Lakukanlah secara berulang pada kulit lumpia lainnya.

4.      Siapkan wajan yang berisi minyak, lalu panaskan.

5.      Masukkan gulungan keju aroma ke minyak yang telah panas.

6.      Gorenglah keju aroma sampai kuning kecoklatan.

7.      Angkat keju aroma yang telah matang, kemudian tiriskan.

8.    Sajikan keju aroma dan segera nikmati selagi panas. Akan lebih nikmat jika ditambahkan susu kental manis atau pelengkap lainnya.


Nama: ‘Aisyah Shodiq, XII MIPA 3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar