Cara meng-upload video di YouTube dengan benar

 

Cara meng-upload video di YouTube dengan benar

Youtube adalah website dimana anda bisa melihat video sepuasnya, genre videonya pun bermacam-macam seperti vlog, gaming, reaction, education dan lain-lainnya. Selain hanya untuk menonton video, kita juga bisa meng-upload video kita sendiri, bahkan ada beberapa Youtubers yang mendapatkan pendapatan dari meng-upload video setiap hari. Tapi agar video bisa menghasilkan uang, kita butuh lebih kerja keras lagi dan kesabaran. Di teks ini saya akan memberitahu cara meng-upload atau mengunggah video ke Youtube dengan benar. Disini ada dua cara yaitu meng-upload dengan handphone dan dengan komputer atau laptop (Windows).

 

Cara meng-upload video di Youtube dengan komputer atau laptop (Windows):

Ada beberapa ketentuan untuk meng-upload video di Youtube salah satunya yaitu mempunyai akun Google, bisa cari di Google sendiri untuk cara mendaftar akun Google. Anda harus mempunyai akun Google terlebih dahulu agar bisa meng-upload video di Youtube. Berikut langkah-langkah meng-upload video di Youtube dengan komputer atau laptop (Windows):

1.      Ketik di browser anda (bisa memakai aplikasi browser apa saja) www.youtube.com

2.      Tekan tombol Sign In di pojok kanan atas, lalu ketik akun Google anda dan password anda, setelah itu anda akan secara otomatis kembali ke beranda Youtube semula.

3.      Setelah itu tekan tombol kamera di pojok kanan atas, lalu tekan tombol Upload video. Lalu anda akan langsung dialihkan ke youtube creator studio.  

4.      Setelah itu anda bisa memilih video yang sesuai anda inginkan.

5.      Setelah video anda berhasil di upload, ketiklah judul dan deskripsi video anda sesuai yang anda inginkan. Anda juga bisa menambah informasi lebih detail terkait videonya dengan mengeklik tombol Show more.

6.      Setelah itu klik tombol Next, lalu anda akan dialihkan ke seksi video elements yang berkaitan dengan elemen-elemen videonya, bila tidak mau maka tidak apa-apa.

7.      Klik tombol Next lagi maka anda akan dialihkan ke checks yang berkaitan dengan hak cipta, bila video anda mempunyai elemen-elemen yang dipunyai orang lain maka itu bisa terdeteksi oleh Youtube-nya sendiri dan akan disarankan untuk melakukan sesuatu seperti menghilangkan bagian elemen-elemen tersebut, atau mensensornya dan lain-lain.

8.      Klik Next lagi, maka anda akan dialihkan ke bagian terakhir yaitu visibility yang berkaitan dengan siapa saja yang boleh menonton video anda. Anda bisa memilih tiga opsi yaitu:

a.      Private, hanya anda dan orang yang anda pilih bisa menonton video anda.

b.      Unlisted, hanya orang yang mempunyai link videonya dapat menonton video anda.

c.       Public, semua orang bisa menonton video anda.

9.      Setelah anda memilih opsi anda maka klik tombol Save, dan selamat anda telah meng-upload video anda dengan benar di Youtube. Anda tetap bisa meng-edit detail-detail terkait video anda, dan juga bisa mengganti opsi visibilitas video anda. Jadi jangan khawatir bila ada sesuatu yang kelupaan atau salah.

 

 

 

 

 

 

Cara meng-upload video di Youtube dengan handphone

Meng-upload video tidak hanya bisa di komputer atau laptop saja, tapi juga bisa di handphone anda sendiri. Sama seperti ketentuan meng-upload dengan komputer atau laptop, anda harus mempunyai akun Google terlebih dahulu agar bisa meng-upload video anda. Selain itu anda juga harus mempunyai aplikasi Youtube terlebih dahulu. Meng-upload di handphone lebih sederhana dari pada dengan komputer atau laptop karena hanya butuh beberapa langkah saja. Berikut ini adalah langkah-langkah meng-upload video di Youtube dengan handphone:

1.      Tekan pada tombol aplikasi Youtube.

2.      Lalu tekan tombol “+” yang ada di tengah bawah, lalu tekan Upload a video, dan pilih video yang sesuai anda inginkan. Setelah itu tekan tombol Next di pojok kanan atas.

3.      Setelah itu anda bisa menambahkan detail-detail terkait video anda seperti judul, deskripsi, visibilitas video anda, lokasi, dan apabila video ini bisa ditonton oleh anak-anak.

4.      Setelah mencantum detail-detail nyam aka klik tombol Upload di pojok kanan atas. Selamat anda telah berhasil meng-upload video di Youtube dengan handphone. Anda tetap bisa meng-edit video anda walaupun sudah di-upload bila masih ada kesalahan atau ada sesuatu yang lupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar