Cara Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Umum

 

Cara Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Umum

          Berbicara di depan umum atau public speaking merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan secara langsung di depan umum atau di hadapan sekelompok orang. Berbicara di depan umum merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasai oleh setiap orang. Kemampuan tersebut membantu kita lebih mudah dalam berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain. Namun, pelajaran terkait public speaking masih jarang diberikan dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Oleh karena itu, harus tumbuh inisiatif untuk mempelajari hal tersebut secara mandiri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.

1. Kuasai Materi

Jangan hanya menghafal, tetapi pastikan untuk benar-benar memahami materi yang akan disampaikan. Sangat mungkin bagi penonton untuk menanyakan hal di luar naskah yang sudah disiapkan. Jika kita saja tidak memahami materinya, bagaimana kita bisa menyampaikannya ke orang lain dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan?

2. Berlatih Sesering Mungkin

Banyak-banyaklah berlatih sebelum membawakan materi. Berlatih dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat kita semakin lancar saat tampil. Anda dapat berlatih di depan cermin atau di depan teman dan keluarga.

3. Percaya Diri dan Berpikir Positif

Teruslah berpikiran positif dan percaya dengan kemampuan diri sendiri. Jangan terpengaruh oleh ucapan-ucapan negatif dari orang lain dan  tunjukkan yang terbaik.

4. Tenangkan Pikiran dan Atur Pernapasan

     Rasa gugup sangat sering muncul pada saat-saat terakhir sebelum kita tampil. Pada saat ini, ambillah napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan untuk menennagkan diri.

5. Jaga Kontak Mata

Jangan menatap ke langit-langit atau ke sembarang arah saat berbicara. Tetaplah menjaga kontak mata dengan penonton. Menjaga kontak mata dapat membuat kita terlihat lebih percaya diri. Jika belum bisa, anda bisa mengakalinya dengan menatap hidung atau dahi penonton.

6. Atur Gaya Bicara

Berbicaralah dengan perlahan dan jelas agar penonton dapat mengerti yang anda bicarakan. Tentukan tempo saat harus berbicara dengan keras, lembut, santai, dan cepat. Hal tersebut akan membuat penonton lebih tertarik untuk mendengarkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar