Cara Menyetir Mobil dengan Aman bagi Pemula

 

Untuk seorang pemula menyetir bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan ataupun mengerikan. Jangan sampai karena cara menyetir kamu yang salah pada akhirnya justru membahayakan pengguna jalan lain. Pada dasarnya mengendarai semua jenis mobil prinsipnya sama, yang perlu diperhatikan adalah kewaspadaan. Jika Anda masih baru belajar, penting bagi Anda untuk memahami cara menyetir mobil bagi pemula agar cepat lancar dan aman.

 

1.      Kenali Komponen Penting Mobil

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai berkendara bagi pemula adalah menghadirkan rasa nyaman di balik kemudi setir. Kemudian perlahan-lahan pahami fungsi beberapa komponen yang ada di dalam mobil. Komponen-komponen penting yang harus diketahui adalah injakan rem, kopling serta gas. Saat semua sudah Anda kuasai maka akan dengan mudah untuk mengendarai mobil.

2.      Ketahui Cara Menyalakan Mesin Mobil

Jangan sembarangan menyalakan mesin mobil. Pastikan mobil dalam keadaan netral. Apabila sudah dalam posisi netral maka kemudian Anda bisa memutar kunci kotak untuk mulai menyalakan mobil. Kemudian, pastikan Anda juga menginjak pedal kopling secara penuh, lalu nyalakan mesin mobil dengan starter yang ada pada kunci mobil. Ketika mesin telah menyala maka lepaskan pedal kopling. Meskipun dalam keadaan netral, menekan kopling sebelum menyalakan mesin mobil akan mencegah mobil melaju kedepan.

 

3.      Duduklah dengan Nyaman Saat Berkendara

Sebelum menyalakan mobil, pastikan semua kondisi kaca spion dan tempat duduk sudah sesuai sehingga membuat Anda nyaman. Tips ini sangat penting untuk Anda yang baru pertama kali mengemudi mobil. Pastikan punggung sudah menyandar pada jok mobil dengan posisi yang tepat agar tak cepat pegal dan lelah.

Cari posisi duduk yang membuat Anda bisa melihat dengan jelas kondisi di sekitar mobil. Ada yang mengatakan, posisi duduk yang pas adalah setengah dari ketinggian kaca depan. Kemudian posisi lutut tidak terlalu merentang, sehingga Anda dapat mudah mengontrol pedal gas, rem, dan kopling. Duduklah dengan tegak dan jangan membungkuk ke depan.

 

4.      Tetap Fokus Saat Berkendara

Saat Anda berada di balik kemudi setir, artinya sedang melakukan satu pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Sesuaikan kaca spion, pakai sabuk pengaman, dan ikuti aturan lalu lintas ketika sedang mengemudi. Abaikan hal-hal yang dapat membuat konsentrasi Anda terpecah. Misalnya saat kondisi macet, pandangan Anda harus tetap fokus ke depan agar tetap bisa waspada dan lebih responsif.

Ada dua hal dasar yang perlu diingat sebelum Anda berkendara. Pertama jangan menggunakan ponsel sembari berkendara juga jangan menyetir di bawah pengaruh alkohol. Untuk para pemula bisa juga hindari makan sembari berkendara, menyetel musik dengan volume terlalu tinggi, dan berbincang mengenai hal yang sangat mendalam. Hal-hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi bagi pengendara pemula.

 

5.      Biasakan Diri untuk Memegang Setir dengan Tepat

Posisi memegang setir harus tepat agar Anda bisa mengontrol mobil dengan optimal. Banyak hasil riset menunjukan, posisi tangan di arah jarum jam 9 (tangan kiri) dan 3 (tangan kanan) merupakan posisi terbaik untuk Anda memegang kemudi setir. Sangat penting untuk memposisikan tangan di setir dengan benar.

 

6.      Jangan Mengendarai dengan Kecepatan Tinggi

Bagi pengendara tidak disarankan untuk mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Anda yang belum mahir mengendarai mobil bisa jadi kehilangan kendali saat memacu mobil dengan kecepatan tinggi. Sebaiknya kendarai mobil sesuai dengan kecepatan sesuai rambu lalu lintas di jalan.

 

7.      Jaga Jarak Aman dengan Kendaraan Lain

Usahakan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan Anda. Jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depan, karena hal itu membuat Anda sulit menghindar ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

 

8.      Tetap Tenang saat Berkendara

Jangan biarkan suasana hati yang sedang buruk mempengaruhi Anda ketika berkendara, apalagi buat pengendara pemula. Pastikan pikiran Anda lebih tenang, lebih relaks dan konsentrasi penuh. Jika detikers masih agak gemetaran silahkan tunggu hingga perasaan Anda lebih santai. Dengan begitu akan lebih mudah mengendarai mobil. Usahakan agar tetap tenang dan menciptakan suasana hati yang senang ketika sedang berkendara.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar