Mahir Berbahasa Inggris Secara Otodidak

 

Mahir Berbahasa Inggris Secara Otodidak

        Pada saat ini kemampuan berkomunikasi sangatlah penting. Berdasarkan laman UNESCO terdapat sekitar 6.700 bahasa yang diujar penduduk dunia. Salah satu bahasa yang paling terkemuka adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada Abad Pertengahan Awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Bahasa Inggris adalah bahasa ibu ketiga yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia, setelah bahasa Mandarin dan bahasa Spanyol.

        Hampir seluruh kalangan di muka bumi ini sudah mahir berbahasa Inggris, akan tetapi tidak sedikit pula yang merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Mereka mengira bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit dan memakan biaya yang besar untuk mempelajarinya. Padahal modal utama untuk mempelajarinya adalah tekad yang kuat.

        Ada banyak cara mudah dan terjangkau untuk mempelajarinya.Dalam proses ini, beberapa orang memutuskan untuk mengambil les privat, kursus, atau mempelajarinya dengan otodidak. Berikut ini adalah cara mudah untuk belajar berbahasa Inggris secara otodidak.

1. Pelajari terlebih dahulu kata-kata bahasa Inggris dasar.

        Sebelum melakukan kebiasaan-kebiasaan lain, alangkah baiknya jika kita mempelajari bahasa Inngris dari sesuatu yang mendasar. Pelajarilah kata-kata sederhana dalam Bahasa Inggris yang biasa digunakan sehari-hari.

2. Sering menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle.

        Bagi kalian yang memiliki hobi menonton film, kalian dapat memanfaatkannya untuk belajar bahasa Inggris. Pada saat menonton film tanpa subtittle, secara tidak langsung otak akan terbiasa berfikir cepat dan spontan. Otak kalian akan memproses dari apa yang kalian dengar bersamaan dengan apa yang kalian lihat, sehingga menyebabkan otak kalian akan dengan cepat menangkap materi baru dalam bahasa Inggris.

3. Sering membaca literatur berbahasa Inggris.

        Meskipun cara ini jarang dilakukan oleh kalangan masyarakat Indonesia karena membosankan, membaca banyak leteratur berbahasa Inggris juga efektif untuk mengembangkan kemahoran berbbahasa. Di sisi lain, membaca akan menambah wawasan kalian lebih luas lagi.

4. Tekuni membaca Kamus Bahasa Inggris.

        Kamus Bahasa Inggris mencakup semua kebutan pembelajaran bahasa Inggris kecuali dalam aspek auditori. Pada umumnya kamus memuat banyak pengetahuan seperti penulisan, kata-kata dasar, pelafalan, dan masih banyak lagi.

5. Pelajari arti kata bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti lalu hafalkan.

        Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, pasti kalian akan menemukan kata sulit dan yang tidak dimengerti. Maka jangan jadikan kesulitan ini menjadi penghalang  semangat belajar kalian. Cari tahulah apa yang tidak kamu mengerti dan hafalkan, itu akan mengatasi kesulitanmu.

6. Cobalah menulis sesuatu dalam bahasa Inggris.

         Dengan tulisan banyak ingatan yang tersimpan, buatlah catatan kecil untuk media pembelajaranmu dalam proses ini.

7. Praktikkan apa yang sudah kamu pelajari.

         Akan sulit jika kalian hanya mempelajarinya secara materi saja tanpa adanya latihan langsung atau praktik. Praktikkan apa yang sudah kalian pelajari dengan mulai berbincang atau hanya berbicara menggunkan bahasa Inggris meski dengan kata yang sederhana sekalipun, itu akan sangat berpengaruh baik dalam proses meningkatkan kepercayaan diri dan proses pelafalan kosakata yang baik dan benar.

        Kalian bisa mempraktikkannya secara mandiri dengan berbicara di depan kaca. Kalian juga dapat mempraktikkannya langsung kepada orang lain. Dianjurkan bagi kalian mulai berkomunikasi dengan orang terdekat yang sekiranya mendukungmu dalam proses ini. Anda juga bisa mencari teman Internasional untuk lebih melancarkan kemampuan kalian dalam bahasa Inggris.

8. Manfaatkan teknologi yang tersedia.

        Dengan teknologi yang mumpuni dan beragam, kalian bisa memanfaatkannya sebagai media lain. Kalian bisa dengan mudah mengakses informasi dalam lingkup bahasa Inggris ini dengan sangat mudah.

9. Jadikan Kebiasaan.

        Hal yang sangat mempengarui suatu keberhasilan adalah kontinuitas atau kesinambungan. Begitupula dengan proses ini. Jadikanlah proses pembelajaran ini sebagai kebiasaaan. Jangan malu untuk menunjukkan bahwa Anda sedang belajar bahasa Inggris. Praktikkan terus kapanpun dan di manapun. Maka kemampuan berbahasa Inggris anda akan meningkat dengan segnifikan.

        Itulah beberapa cara mudah mahir berbahasa Inggris secara otodidak. Sangatlah mudah dan efektif, kalian dapat langsung mencobanya. Ayo belajar bahasa Inggris!

Sumber: https://m.merdeka.com/gaya/14-cara-cepat-berbahasa-inggris-mudah-yang-bisa-anda-pelajari-sendiri-kln.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar