Membuat Kerajinan dari Kardus Bekas

 

Kardus merupakan barang serbaguna yang berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan barang ataupun bisa juga sebagai pembungkus makanan. Namun, penggunaan kardus yang berlebihan justru akan menjadi limbah. Padahal banyak kreasi yang dapat dibuat dari kardus bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat dan mempercantik ruangan. Contohnya dapat dibuat menjadi tempat sampah mini yang dapat dipajang di kamar ataupun di ruang tamu. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat tempat sampah mini yang dapat dilakukan.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat sketsa pada kardus bekas dengan bentuk persegi panjang dengan segitiga di atasnya. Buat dengan tinggi 16 cm, panjang 11 cm, dan kemiringan 5 cm, kemudian guntinglah dengan rapi dan buat dua buah. Langkah kedua potonglah kardus berbentuk persegi dengan ukuran 10x11 cm. Disarankan menggunakan kardus berbahan tebal agar tempat sampah mini dapat kuat dan kokoh saat digunakan. Selanjutnya, dibutuhkan potongan kardus persegi dengan ukuran 10,5x10,5 cm untuk bagian alas dan potongan berbentuk prsegi panjang dengan ukuran 13x9 cm. Pastikan ukuran dari masing-masing potongan kardus pas dan rapi agar hasilnya terlihat cantik.

Langkah ketiga susun potongan kardus berbentuk persegi panjang dengan segitiga diatasnya dan bentuk persegi panjang dengan ukuran 10x11 cm berselingan dan rekatkan menggunakan solatip kertas. Pastikan solatip merekat kuat agar susunan kardus tidak bergeser. Sebelum dilipat, susunan kardus tersebut dapat diberi warna menggunakan cat ataupun lapisan karton berwarna. Pilihlah warna sesuai yang diinginkan. Berikutnya, setelah selesai proses pewarnaan, lipatlah susunan kardus dan sesuaikan ukurannya dan sekiranya sudah pas membentuk persegi, rekatkan menggunakan lem yang kuat, disarankan menggunakan lem kayu ataupun lem tembak. Pastikan lem yang akan digunakan tidak terlalu banyak ataupun sedikit agar rekatan antar kardus kuat.

Langkah keempat yang harus dilakukan adalah membuat penutup tempat sampah mini menggunakan potongan kardus berukuran 13x9 cm yang telah dipotong dan diwarnai. Lipatlah menjadi dua kardus tersebut. Kemudian pasang penyangga (lidi) pada bagian atas tempat sampah mini. Pasang dengan kuat lidi tersebut, bisa menggunakan lem tembak atau lem kayu agar rekatan lebih kuat. Sebelum memasang tutup tempat sampah mini, buatlah pengunci terlebih dahulu yaitu menggunakan kardus dengan ukuran kecil lalu lipatlah berbentuk zigzag dan tempel dibawah tutup tempat sampah mini.

Langkah kelima hiaslah tempat sampah mini. Tambahkan pita agar penampilan tempat sampah mini terlihat lebih menarik. Gambar sesuka hati pada bagian depan menggunakan spidol maupun pewarna lainnya. Tempat sampah mini sudah jadi dan siap digunakan. 

-Aisyah Syifa Karima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar