Prosedur Cara Menghafal Al-Quran dengan Baik dan Benar Berdasarkan Pengalaman Pribadi

 Prosedur Cara Menghafal Al-Quran dengan Baik dan Benar Berdasarkan Pengalaman Pribadi


Menghafal Al-Quran tentunya menjadi hal yang sangat penting bagi seorang muslim, bahkan Allah Subhanahu Wata’ala telah memberikan keutamaan-keutamaan khusus kepada para penghafal Al-Quran. Diantara keutamaan orang yang menghafal Al-Quran yaitu ditinggikan derajatnya oleh Allah Subhanahu Wata’ala, diberikan pahala yang berlipat ganda, diberi kesempatan oleh Allah untuk memberikan mahkota kepada kedua orangtuanya kelak di surganya, dan lain-lain. Namun, terkadang banyak dari kita yang memiliki beberapa kendala dalam menghafal Al-Quran baik dalam segi waktu yang terlalu sibuk, otak terlalu lelah, dan lain-lain. 

 

    Maka dari itu, disini saya akan membagikan beberapa cara yang pernah saya terapkan dan saya dapatkan dari guru saya di pondok pesantren yang Insya Allah membantu kalian agar lebih mudah dalam menghafal Al-Quran:


1. Niatkan karena Allah Subhanahu Wata’ala

Tentunya hal ini sangat penting dalam mengawali suatu kegiatan. Karena dengan niat inilah Allah mengetahui apakah niat kita menghafal untuk dunia ataukah untuk memperoleh ridho dari Allah. Bahkan Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam menyebutkan dalam sabdanya yang artinya, “Niat amalan itu tergantung niat pelakunya, dan setiap manusia memperoleh balasan sesuai dengan yang diniatkannya. Siapa yang hijrah karena Allah dan Rasul-Nya, hijrahnya dicatat karena Allah dan Rasul-Nya, sebaliknya siapa yang hijrahnya karena ingin memperoleh dunia, atau wanita yang ingin ia nikahi, hijrahnya sebatas yang ia peroleh”.(HR.Bukhari dan Muslim).


2. Menerapkan Adab-Adab dan Sunnah-Sunnah dalam Membaca Al-Quran

    Seperti halnya berwudhu, menutup aurat, menghadap Qiblat, dan lain-lain.


3. Menggunakan Satu Mushaf yang Sama 

    Tujuan dari langkah ini adalah agar kita lebih akrab, mengenal, dan juga lebih hafal dalam segi posisi ayatnya dimana, barisnya berapa, jenis khotnya bagaimana, dan lain-lain.


4. Melihat Halaman yang Ingin Dihafal (Tanpa Dibaca dan Dihafal) Selama 2 Menit

    Tujuan dari langkah ini yaitu agar kita tidak asing dengan halaman yang ingin kita hafal.


5. Membaca Halaman yang Ingin Dihafal dengan Suara Yang Lantang dan Perlahan Sebanyak 2 Sampai 5 Kali

    Tujuan dari langkah ini yaitu selain kita lebih mengenal ayat yang ingin kita hafal, secara tidak langsung telinga kita merekam suara yang keluar ketika kita membaca Al-Qur’an


6. Mulai Menghafal dengan Metode Tiap Baris

    Langkah awalnya seperti langkah nomor 4. Setelah itu menghafal dengan metode membaca dan menghafal pada tiap barismya. Misalkan pada baris pertama, maka fokuskan pada baris tersebut hingga benar-benar hafal. Jika sudah hafal, maka lanjut ke baris selanjutnya.



7. Jangan Mendengar Musik

    Saya rasa ini memang langkah yang sangat sulit. Namun, jika teman-teman mencoba langkah ini dengan baik. Maka Insya Allah proses kalian dalam menghafal Al-Quran menjadi lebih mudah dan enak kedepannya.


8. Gunakan Waktu-Waktu Khusus

    Kita semua tahu bahwa dalam menghafal Al-Quran bisa diwaktu kapan saja dan dimana saja. Namun ada beberapa waktu khusus yang ketika kita menghafal dalam waktu-waktu tersebut Insya Allah hafalan lebih mudah masuk kedalam otak kita. Diantaranya yaitu ketika selesai sholat tahajud menjelang subuh, ketika selesai sholat subuh menjelang waktu syuruq (dhuha) dan ketika hujan turun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar