Cara membuat layang-layang



Salah satu permainan yang cukup menyenangkan dan dapat dilakukan di luar rumah adalah layang-layang. Layang-layang adalah salah satu permainan tradisional yang dimainkan di berbagai penjuru dunia. Permainan ini dimainkan oleh berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sejarah panjang layang-layang membuat permainan ini memiliki jenis dan bentuk yang sangat beragam. Sekarang mungkin sudah sangat jarang sekali layangan dimainkan bahkan di temukan ada penjual layang-layang di perkotaan. Tetapi jangan khawatir kita bisa membuatnya sendiri dengan cara seperti berikut ini.

Bahan-bahan:

- 1 ruas bambu ukuran diameter 1 cm dan panjang 90 cm.

- 1 ruas bambu ukuran diameter 1 cm dan panjang 50 cm.

- Plastik dan kertas minyak secukupnya.

- Lem kertas secukupnya.

- 1 buah gunting dan pisau.

Cat warna secukupnya.

- 1 buah penggaris dan benang secukupnya.


Cara membuat:

1. Pertama, buat kerangka layangan sesuai dengan diameter di atas. Lalu, ambil dua ruas bambu dengan panjang 100 cm dan 60 cm.

2. Selanjutnya, posisikan bambu  menyilang dengan sisi kanan dan kiri memiliki panjang sama. Gunakan benang sebagai penyeimbang agar bisa diperoleh posisi yang pas.

3. Lalu, ikat setiap ujung ruas dengan benang. Dan buat belahan di sekitar ujung bambu sebagai pengait.

4. Setelah itu, siapkan kertas atau plastik dan letakkan di bawah kerangka tersebut. Buatlah sebuah pola dengan ditandai cat warna.

5.Langkah kelima, gunting kertas  dengan lebar 2 cm lebih besar dari pola, digunakan untuk melipat lem dan menutupi kerangka.

6.Terakhir, hiaslah layangan dengan pewarna, dan layangan sudah dapat dimainkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar