Cara Membuat Teks Prosedur

 



   Teks prosedur merupakan teks yang di gunakan untuk menunjukkan tahapan ataupun langkah-langkah untuk melakukan suatu hal dengan terstruktur. Teks tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan juga sangat berguna bagi kita. Adapun tujuan dari teks prosedur adalah untuk menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan agar pembaca atau pemirsa dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat. Teks prosedur juga memiliki beberapa jenis yaitu Teks Prosedur Sederhana, Teks Prosedur Protokol dan Teks Prosedur Kompleks. Berikut adalah cara membuat teks prosedur :

 

1.Menentukan topik terlebih dahulu

Sebelum membuat teks prosedur kita harus menentukan topik terlebih dahulu. Anda bisa mencari berbagai referensi di majalah, artikel, maupun internet.

2.Menentukan tujuan

Teks prosedur berisi tujuan untuk memudahkan pembaca mendapatkan informasi dan langkah-langkah yang tepat.

3.Mengumpulkan informasi

Anda bisa mencari sumber informasi dari media cetak maupun media elektronik. Informasi ini di kumpulkan agar dapat di kembangkan lebih jauh.

4.Menyusun kerangka kalimat

Mengembangkan informasi melalui langkah-langkah.

5.Koreksi dan revisi

Setelah menulis dengan lengkap, sebaiknya anda membaca ulang agar tidak terjadi kesalahan. Jika anda menemukan kesalahan anda dapat memperbaiki teks tersebut.

 

Menulis teks prosedur di lakukan secara jelas, urut, dan teratur agar pembaca dapat memahami isi teks tersebut. Teks prosedur bisa di gunakan dengan baik ketika saat membuat teks tersebut mengikuti langkah langkah yang benar.

 

Dhiya Ulhaq

XI MIPA 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar