Cara Mencuci Motor Dengan Baik dan Benar

 

 Nama : Soffi Elnisa Amelia L


Mencuci motor dengan benar tidak dilakukan dengan asal menyiramkan air atau mengaplikasikan sabun khusus kendaraan saja. Kalau hanya menyiramkan air saja, bagian dari motor yang terdalam tidak akan bersih. Selain itu air juga bisa saja masuk ke bagian-bagian yang memiliki aliran listrik dan memicu konsleting. Kalau kamu ingin mencuci motor di rumah tanpa perlu datang ke tempat cuci motor, coba lakukan beberapa cara di bawah ini :

Pertama, persiapkan kain lap dan spons. Yang harus kamu siapkan untuk mencuci dengan baik sebelum melakukan pencucian motor adalah menyiapkan alat dan bahannya. Alat yang disiapkan terdiri dari aneka kain lap yang lembut permukaannya, bak untuk menampung air, kran dengan selang airnya dan juga spons untuk mencuci, selanjutnya untuk bahan yang digunakan terdiri dari sampo khusus bodi motor yang tidak merusak cat dan stiker dan beberapa bahan untuk mengkilapkan.

Kedua, pastikan motor dengan keadaan dingin. Pendinginan ini wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya perubahan susu yang drastis. Motor yang digunakan dalam waktu lama lalu disiram dengan air umumnya akan mengeluarkan asap. Diamkan selama kurang lebih sejam. Kalau sudah turun suhunya baru mulai dibersihkan.

Ketiga, bersihkan rantai terlebih dahulu. Gunakan bensin atau sejenisnya untuk membuat kotoran hilang. Setelah bersih dan tidak ada kotoran sama sekali, proses selanjutnya adalah pemberian oli rantai.

Keempat, bersihkan area – area tertentu. Sebelum mencuci bodi motor, perhatikan sudut dan celah lain di sekitar area mesin yang memerlukan perhatian khusus. Celupkan sikat gigi bekas ke dalam air, lalu gosok perlahan hingga kotoran terangkat.


Kelima, basuh seluruh bodi motor. Bilas motor dengan air yang disemprotkan dari selang. Cara ini akan membantu melonggarkan kotoran dan membilasnya sebanyak mungkin, sehingga proses pembersihan menjadi lebih mudah.

Keenam, gosok seluruh bodi motor dengan spons. Anda bisa memulai membersihkan motor dengan spons. Celupkan spons ke dalam air, lalu usapkan ke seluruh bodi motor.

Ketujuh, bersihkan bagian plastik dengan sedikit air sabun.Jika motor Anda memiliki bagian tersendiri yang terbuat dari plastik, tak apa jika ingin membersihkannya dengan sabun deterjen. Bersihkan bagian-bagian tersebut dengan spons yang dicelupkan ke dalam air sabun.

Kedelapan, bilas kembali motor. Setelah selesai membersihkan semua kotoran pada setiap bagian, motor kembali dibilas oleh air. Jangan lupa untuk memberikan semprotan lembut pada motor.

Kesembilan, keringkan. Anda bisa mengeringkan motor dengan menggunakan kain microfiber. Gosokkan kain pada motor secara perlahan. Cara ini akan menghilangkan air yang tersisa. Sebagai catatan, jangan biarkan motor mengering di bawah sinar matahari langsung.



 

 
 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar