Cara Mengemudikan Mobil Manual dengan Baik dan Benar


Mengendarai mobil di jalanan umum  memerlukan antisipasi dan persiapan tersendiri yang lebih dibandingkan berkendara dengan motor. Selain mempersiapkan mobil dalam kondisi siap untuk perjalanan, kita juga harus mempersiapkan cara mengendarai mobil tersebut dengan benar. Untuk itu, berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sewaktu akan mengendarai mobil Anda di jalan raya.

1. Pastikan kondisi mobil yang akan dikendarai sudah siap digunakan untuk berjalan. Lebih baik saat mengemudikan mobil tidak mengangkut barang atau penumpang berlebih, selain mengganggu dan membahayakan pengguna jalan lain juga akan ada kemungkinan membahayakan diri sendiri.

2. Gunakan sabuk pengaman (Safety belt) dengan baik dan benar agar saat  terjadi mengerem atau benturan mendadak badan kita bisa tertahan oleh sabuk pengaman dan tidak terdorong maju menabrak setir.

3. Nyalakan starter mobil dan posisikan tubuh, tangan, dan kaki senyaman mungkin dalam berkendara. Kenyamanan berkendara juga berpengaruh saat kita menjalankan mobil.

4. Posisikan spion mobil agar pas dengan pandangan kita baik spion luar maupun dalam, sehingga saat akan berbelok atau memotong jalan bisa melihat dengan baik apa yang terjadi di samping dan belakang mobil

5. Nyalakan Lampu sein kanan saat akan keluar dari sebuah jalan atau saat dari pinggir mau ke tengah-tengah.

6. Injak kopling penuh lalu masukkan ke gigi satu. Saat kondisi jalan sudah aman, angkat kopling perlahan sampai mobil jalan. Tetapi jangan mengangkat kopling penuh karena akan membuat mesin mobil mati.

7. Jika sudah jalan, angkat kopling penuh dan bantu dengan gas. Jika mobil sudah bergetar, maka bisa dinaikkan ke gigi dua, begitu juga seterusnya.

8. Saat memelankan mobil injak kopling setengah. Jika akan memberhentikan mobil injak kopling penuh dan turunkan gigi.

Selamat mencoba. Jika merasa belum mahir dalam mengendarai mobil, bawalah orang yang profesionalagar saat terjadi hal-hak yang tidak diinginkan, orang tersebut bisa membantu untuk menyelesaikan masalah. Terimakasih, Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Muhammad Taufiqurrahman Faqih (21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar