Cara Mengendarai Mobil Matic

 


Mobil matic akan terasa mudah dikendarai bagi orang yang sudah terbiasa mengendarai mobil, bahkan lebih mudah daripada mengendarai mobil manual. Hal ini dikarenakan ketika mengendarai mobil matic kita tidak perlu untuk mengatur kopling dan memindahkan gigi karena semua hal ini sudah dilakukan secara otomatis. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyetir mobil matic.

 

Langkah – Langkah :

  • 1.       Pahami Fungsi Tuas Transmisi
            Tuas transmisi atau perseneling adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Pada umumnya, mobil matic sendiri memiliki beberapa pengaturan transmisi seperti P,D,R,N,M. P ketika untuk parkir, D untuk jalan maju, R untuk mundur, N untuk netral, dan M untuk mode manual.
  • 2.       Pastikan tuas berada dalam posisi P atau Parkir
           Sebelum menyalakan mobil, pastikan posisi tuas berada dalam posisi P. Karena mobil matic sendiri hanya akan bisa dihidupkan jika posisi tuas berada di posisi N (Netral) atau P (Parkir).
  • 3.       Injak Pedal Rem Saat Starter
           Selain tuas berada pada posisi N atau P bagi beberapa mobil matic tertentu, mesin mobil tidak bisa di starter jika tidak menginjak serta menekan pedal bagian rem. Oleh sebab itu, sebaiknya ketika  menstarter mobil kita harus menginjak rem.
  • 4.       Menurunkan Hand Rem
           Ketika mobil sudah menyala, pastikan untuk menurunkan Hand Rem sebelum memindahkan tuas supaya kampas rem tidak lepas dari dudukannya. Sebab, roda dipaksa berputar sembari kampas masih menempel dan berdampak pada kerusakan per yang berujung lepas.
  • 5.       Menekan Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas
           Langkah selanjutnya yaitu memindahkan tuas yang semula berada di P atau N dipindahkan ke posisi R (Mundur) atau D (Maju). Namun Ketika memindahkan tuas pada perseneling, lebih baik untuk dibarengi dengan menekan pedal rem untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan pada mesin mobil matic.
  • 6.       Menggunakan Transmisi Manual
           Cara mengoperasikan mode manual cukup mudah karena tidak perlu untuk melakukan perpindahan gigi serta menginjak kopling. Cara mengoperasikan transmisi manual ini adalah dengan memindahkan posisi tuas transmisi pada mode manual atau yang disimbolkan dengan M. jika Anda ingin berpindah gigi, Anda hanya perlu menggeser tuas (+) yang berarti menambah gigi, atau menggeser tuas (-) yang berguna untuk mengurangi gigi. Untuk menggunakan mode ini, perlu dibarengi dengan menekan pedal rem.

 

Itulah cara untuk mengendarai mobil matic. Pada dasarnya mengendarai mobil matic lebih mudah jika dibandingkan dengan mengendarai mobil konvensional tetapi resiko mengendarai mobil matic juga besar. Oleh karena itu, sebelum mengendarai mobil matic perlu mempelajari cara seperti di atas.


Alifah Nur Husna N.P.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar