Cara Mutqin 30 Juz

 



Banyak orang yang mungkin sudah hafal 30 juz, tetapi hafalannya masih belum kuat. Sebagian dari mereka mungkin ingin mutqin 30 juz, tetapi mereka bingung bagaimana cara memurojaahnya. Jika kita mutqin  30 juz, kita akan dengan mudah mengingat ayat – ayat Al Quran. Jika kita diuji, kita pasti bisa menjawabnya. Namun, jangan lupa tujuan kita menghafal Al Quran karena Allah. Sebelum kalian mengikuti cara ini, pastikan bacaan Al Quran kalian benar terlebih dahulu. Sebenarnya penulis belum mutqin 30 juz, tetapi penulis mempunyai cara agar mutqin per juz. Berikut ini adalah langkah – langkahnya :

  1.  1 juz itu ada 20 halaman maka kita bagi menjadi 4. Jadi 20 : 4 = 5 halaman. Nah , kita prioritaskan untuk memiliki hafalan yang kuat sebanyak 5 halaman.
  2. Hafalkan 1 halaman dulu , hafalkan sampa kalian bisa 1 halaman tanpa melihat Al Quran . Jika kalian sudah pernah hafal 30 juz , maka lupakanlah itu dan mulailah menghafal dari awal. Boleh dari juz 1 atau juz 30. Kalian bisa menghafal Al Quran 1 hari 1 halaman.
  3. Lanjut ke halaman 2 lakukanlah caranya seperti tadi , bedanya adalah kalian harus bisa menghafal 2 halaman tanpa melihat Al Quran. Jadi , kalian harus menghafal dari halaman 1 ke halaman 2 tanpa melihat Al Quran. Jika lanjut ke halaman 3 maka kalian harus bisa menghafal 3 halaman tanpa melihat Al Quran , yaitu dari halaman 1 ke halaman 3.
  4. Yang dimaksud menghafal 1/2/3 dan seterusnya halaman tanpa melihat Al Quran adalah kalian melafalkan/ murojaah / setoran hafalan tanpa melihat Al Quran.
  5. Lakukanlah caranya begitu terus sampai kalian ke halaman 5. Jika sudah di halaman 5 maka kalian harus bisa murojaah dari halaman 1 – 5 tanpa melihat Al Quran. Pokoknya kalian harus bisa itu , sehingga hafalan kalian kuat. Jika belum bisa itu , maka jangan lanjut menghafal ke halaman 6. Pokoknya kalian harus bisa ini.
  6. Jika kalian sudah bisa 5 halaman tanpa melihat Al Quran maka kalian lanjut ke halaman 6 – 10 dan lakukan caranya seperti tadi. Dan jika kalian sudah menghafal sampai halaman ke 10 , maka kalian harus bisa murojaah dari halaman 6 – 10 tanpa melihat Al Quran. Jika belum bisa , maka jangan lanjut ke halaman 11. Pokoknya kalian harus bisa dulu .
  7. Setelah itu , kalian harus bisa murojaah 10 halaman pertama yaitu dari halaman 1 – 10 tanpa melihat Al Quran. Jika belum bisa maka jangan lanjut menghafal ke halaman 11. Kalian harus bisa ini dulu. Baru boleh lanjut ke halaman 11.
  8. Saat menghafal halaman ke 11 – 20 silahkan lakukan caranya seperti nomor 2 – 7.
  9. Setelah kalian bisa murojaah 10 halaman ke dua ( 11-20 ) tanpa melihat Al Quran maka tugas kalian adalah menghafal dari halaman 1 – 20 sampai kalian bisa murojaah 1  juz tanpa melihat Al Quran.
  10.  Setelah itu , dengarkan murotal 1 juz ( sesuai juz yang kalian hafalkan ) dan cocokkan dengan bacaan kalian karena pasti ada bacaan kalian yang salah entah itu panjang pendeknya , hurufnya , atau mungkin juga tajwidnya. Saat menemukan ayat/bacaan yang kalian hafal salah , garis bawahilah bacaan yang salah tersebut dengan pensil d Al Quran kalian.
  11. Setelah kalian tau bacaan/ayat yang salah , maka kalian murojaah lagi 1 juz dengan bacaan yang benar selama 3 – 7 hari.
  12. Lakukan cara yang sama saat kalian memutqinkan juz – juz yang lain.
  13. Jangan lupa bikin target murojaah dan usahakan sehari jangan sampai dibawah 3 juz.

Ya itulah tadi cara mutqin 30 juz versi saya. Jangan lupa untuk membaca terjemahannya karena kesalahan paling fatal yang pernah saya lakukan adalah tidak membaca terjemahannya. Dan yang paling penting yaitu mengamalkan isinya & istiqomah.


Maulana Ghulam Abdullah

XI MIPA 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar