Tips Fokus Belajar


Belajar merupakan kegiatan yang tidak membawa interest bagi generasi milenial. Sebagai seorang pelajar, mau tidak mau kita harus menyukainya. Belajar juga tidak membawa dampak negatif dalam hidup kita, jadi sebaiknya kita mulai belajar dari sekarang.


Sebagai seorang pelajar, belajar di luar sekolah merupakan hal yang diperlukan untuk menambah wawasan kita mengenai pembelajaran yang telah diajarakan di sekolah. Terkadang bagi sebagian orang, fokus dalam belajar merupakan hal yang sulit dilakukan. Banyak distraksi yang menyebabkan tidak maksimalnya belajar yang kita lakukan. Akhirnya, waktu dan usaha yang digunakan tidak menghasilkan value yang berguna bagi kita.


Fokus dalam belajar bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut tips-tips fokus dalam belajar:


Yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat jadwal dan tujuan belajar. Belajar yang sudah direncanakan waktunya, membuat kita lebih tertata dan tidak memikirkan hal lain saat belajar berlangsung. Dan tujuan juga penting agar kita mengetahui untuk apa kita meluangkan waktu untuk belajar.


Selanjutnya, kalian harus menyiapkan kebutuhan belajar. Kebutuhan belajar yang dimaksudkan ialah segala sesuatu yang dibutuhkan dalam belajar, misalnya buku, alat tulis, dan gadget jika diperlukan.


Ketiga, tempat yang nyaman. Fokus dalam belajar juga dipengaruhi suasana lingkungan yang sesuai. Ketika kita nyaman dengan tempat kita belajar, suasana hati kita menjadi lebih baik dan membuat kita lebih fokus nantinya.


Jangan lupa singkirkan distraksi. Singkirkan semua hal yang sekiranya akan mengganggu kita saat belajar. Dengan menyingkirkan distraksi, belajar kita akan lebih tenang dan fokus.


Terakhir, istirahat. Istirahat dapat kalian atur dengan 1 per 6 waktu belajar kalian. Bila kalian belajar 30 menit, maka kalian istirahat sekitar 5 menit. Saat kalian istirahat, usahakan tetap disekitar ruang atau tempat belajar kalian. Karena apabila kalian meninggalkan tempat belajar, ada resiko kalian akan keluar dari zona fokus kalian.


Sekedar mengingatkan, tips fokus belajar ini tidak harus kalian gunakan semua. Apabila kalian memiliki kondisi yang berbeda dari orang lain pada umumnya, kalian dapat mengubah tips sesuai kebutuhan kalian. Terima kasih telah membaca dan semoga berguna bagi kalian!!


Thufail Bahir Al Bariq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar