Api Biru di Kawah Ijen Banyuwangi

     Api Biru di Kawah Ijen Banyuwangi

sumber:Phinemo.com

    Kawah Ijen adalah kawah alami yang berada di Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Secara geografis, kawasan Kawah Ijen barada di tiga wilayah kabupaten di Jawa Timur, yaitu Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Namun, pintu utama untuk masuk ke dalam lokasi Kawah Ijen berada di Paltuding, Banyuwangi.

    Para wisatawan yang datang ke Gunung Ijen dapat menikmati pemandangan Kawah alami tersebut yang terbentuk akibat letusan gunung berapi dan merupakan kawah terindah yang dimiliki Indonesia karena memiliki fenomena blue fire alias si api biru. Pancaran warna biru dari api misterius di Kawah Ijen tersebut berasal dari gas belerang yang berkuantitas besar dengan temanan yang tinggi dipadu suhu luar yang terkadang bisa mencapai 600°C yang keluar bersama lava yang menyembur. Selanjutnya, saat terjadi kontak dengan oksigen di udara yang dipicu lava, maka sulfur terbakar dan menyebabkan keluarnya api yang berwarna biru.

      Fenomena munculnya api biru di Kawah Ijen tidak berbeda dengan lava di gunung lain. Hanya saja, di gunung-gunung lain kebanyakan memancarkan warna merah atau oranye. Namun, fenomena api pada Kawah Ijen ini berwarna biru. Warna api yang dipancarkan bergantung pada komposisi mineral yang terkandung di dalamnya.                                          

    Warna biru pada api di Kawah Ijen itu, akan sangat memesona bila dilihat pada malam hari, dan pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang seolah-olah mereka berada di planet lain. Setelah hari mulai terang, sayup-sayup warna blue fire memudar, namun bukan berarti pesona di Kawah Ijen menghilang. Di bagian lain akan terlihat Kawah Ijen berwarna hijau toska yang menawan. 


Fatina Fikriya K.G.B (12)

XI MIPA 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar