BANJIR


Kala masa hujan mulai tiba, di sebagian beranda media massa menyajikan tentang berita bencana banjir yang terjadi di bermacam daerah Indonesia. Banjir merupakan fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi serta durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Terdapat sebagian perihal yang jadi pemicu banjir. Antara lain terdapat 2 pemicu banjir yaitu karena alam serta aksi manusia.

 

Pemicu alami banjir merupakan erosi serta sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/ geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, serta pengaruh air pasang. Erosi merupakan pengikisan tanah oleh air hujan. Tanah yang terbawa hujan masuk ke sungai sehingga menyebabkan sedimentasi di bawah sungai. Sedimentasi menyebabkan pendangkalan sungai. Sehingga kala curah hujan besar, setelah itu debit air sungai naik sedangkan sungai dangkal sehingga sungai tidak sanggup menampung air hujan yang banyak. Kemudian air sungai meluap jadi banjir.

 

Pemicu banjir sebab aksi manusia adalah pergantian tata guna lahan, pembuangan sampah ke sungai, kawasan padat penduduk di selama sungai, serta penggundulan hutan. Aktivitas manusia tiap hari sepeti membuang sampah ke sungai menimbulkan saluran air tersumbat. Karena saluran air tersumbat hingga air tidak bisa mengalir dengan baik serta meluap keluar dari sungai. Setelah itu penggundulan hutan menjadikan akar- akar tanaman di hutan tidak bisa mengikat air sehingga air mengalir ke permukaan sehingga bisa menimbulkan banjir. Pendirian bangunan di wilayah resapan air pula membuat tanah tidak bisa meresap air dengan baik.

 

Banjir bisa menyebabkan kehancuran raga serta kerugian yang banyak sebab kegiatan ekonomi terhambat. Juga bisa menyebabkan kendala kesehatan semacam timbulnya penyakit kulit, diare serta yang lain. Sehingga butuh diadakan upaya untuk menghindari banjir. Contohnya tidak membuang sampah ke sungai, tidak mendirikan bangunan di bantaran sungai ataupun wilayah resapan air, serta tidak menggunduli hutan.


DHIYA ULHAQ_XI MIPA 1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar