Bintang Jatuh

 Fenomena Bintang Jatuh


       Bintang jatuh selalu menjadi fenomena yang menarik bagi khalayak ramai. Fenomena ini dapat terjadi ketika benda langit atau luar angkasa yang memasuki atmosfer Bumi dan terbakar olehnya. Benda tersebut bisa seukuran butir pasir atau sebesar bola basket dan akan nampak sepeti bintang yang jatuh dari langit. Fenomena bintang jatuh ini akan tampak sangat jelas, khususnya pada malam hari. Hal ini karena adanya cahaya dari proses pembakaran tersebut.

       Ketika batu yang ada di angkasa atau yang dinamakan meteoroid tersebut masuk mendekati atmosfer Bumi, mereka akan terbakar karena terjadi gesekan antara benda angkasa dengan atmosfer. Meteoroid yang terbakar di langit disebut meteor dan ketika menabrak Bumi disebut meteorit.

       Dalam proses terjadinya bintang jatuh atau meteoroid yang terbakar oleh atmosfer ini, akan mengakibatkan kilat cahaya yang meluncur sangat cepat. Apabila kita amati dari Bumi langsung, cahaya yang meluncur tersebut tampak seperti bintang. sehingga fenomena tersebut populer dengan sebutan fenomena bintang jatuh.

       Orang awam banyak yang beranggapan bahwa jika ada bintang jatuh buatlah permohonan maka permohonan itu akan terkabul. Padahal tidak ada kaitannya antara bintang jatuh dengan permohonan.




Emilia Fauziyah (09)

XI MIPA 4 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar