Black Hole

 


        Black hole merupakan bagian dari ruang waktu yang memiliki gravitasi yang kuat. Saking kuatnya gravitasi yang dimiliki black hole, cahaya yang merupakan objek paling cepat di dunia ini tidak bisa kabur dari tarikan gravitasi bkack hole. Black hole terletak di tengah - tengah Galaksi Bimasakti. Black hole juga disebut dengan singularitas, yaitu memiliki sifat – sifat yang bertentangan yang berarti tidak terdapat waktu dan juga hukum alam yang berlaku

 

         Teori adanya Black Hole pertama kali dikemukakan oleh seorang pendeta bernama John Michell pada tahun 1783, dengan berdasar pada teori gravitasi Issac Newton. Selanjutnya, Teori ini dikembangkan oleh seorang astronom asal Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum Albert Einstein. Lalu keberadaan Black Hole dipopulerkan oleh fisikawan asal Inggris bernama Stephen William Hawking dan dilengkapi oleh pemberian nama “Black Hole” oleh John Archibald Wheeler pada tahun 1967. Pada umumnya , black hole berasal dari bintang yang memiliki massa yang lebih besar dari matahari. Pada mulanya bintang terbentuk dengan radiasi dan fusi yang setimbang, namun saat bintang kehabisan bahan bakar untuk melakukan fusi, maka tingkat radiasi akan keluar dari bintang tersebut. Akhirnya, bintang tersebut mengalami keruntuhan. Bintang yang mengalami keruntuhan gravitasi ini akan menyebabkan ledakan besar yang disebut dengan Supernova. Supernova adalah ledakan yang besar yang dari suatu bintang yang berada di titik tertentu dalam siklus hidupnya. Dalam ledakan supernova akan ada dua kemiungkinan hasilnya, yaitu bintang neutron atau black hole.

        Black hole terus menangkap seluruh objek yang mengitari sekililingnya. Objek yang diserap oleh black hole tersebut akan menambah jumlah massa dari black hole. Tidak hanya itu, black hole juga akan menyerap black hole yang lain untuk menambah jumlah massanya, sehingga black hole akan bertambah besar. Lubang yang besar ini merupakan lengkungan yang dihasilkan oleh keberadaan massa yang sangat besar dan warna hitam disebabkan oleh kerutan yang sangat rapat sehingga mampu mengikat cahaya. Sebuah teori menyebutkan bahwa cahaya, yaitu objek yang paling cepat di dunia ini mampu diserap oleh black hole. Tidak hanya itu, konsep waktu juga tidak berlaku dalam black hole. Para ilmuan sampai sekarang masih mengamati sifat- sifat black hole menggunakan teori mekanika kuantum, realitivitas, dan hukum gravitasi. Akan tetapi mereka masih berbeda pendapat, karena belum ada orang yang berhasil masuk dan keluar dari black hole dengan selamat. Menurut para ilmuwan, seandainya benda bermassa seperti bumi kita ini akan menjadi lubang hitam, agar gravitasinya mampu mencegah cahaya keluar, maka benda itu harus dimampatkan menjadi bola yang berjari-jari 1 cm. Maka benda langit yang memiliki massa kecil seperti matahari dan bumi tidak akan menjadi Black Hole karena keseimbangan gravitasi dan massa yang dimilikinya.


          Saat ini hanya beberapa orang saja yang pernah keluar angkasa dan melihat black hole secara langsung. Selain menyimpan misteri, black hole juga berbahaya untuk manusia dan bumi, karena akan langsung menyerap seluruh objek disekitarnya tanpa ada hambatan. Misteri black hole yang masih diselidiki oleh para ilmuan ini tentunya akan terpecahkan satu – satu. Saat ini black hole memiliki foto asli yang pernah difoto oleh salah satu astronot.


Hafizh Naufal Raditya

XI MIPA 1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar