Budaya batik




Pernyataan umum

Batik merupakan kain bergambar khas Indonesia. Pembuatannya dilakukan secara khusus, dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain tersebut. Kemudian, kain tersebut diolah dengan proses tertentu. 

Sejak 2 Oktober 2009, teknik pembuatan batik telah diakui sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Sejak saat itu, Hari Batik diperingati setiap tanggal 2 Oktober setiap tahunnya.

Sebagai ikon budaya penting di Indonesia, batik dikenakan kepada masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan acara, baik sebagai busana kasual maupun bentuk formal.

Penjelasan

Pada zaman dulu, perempuan-perempuan Jawa menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai pekerjaan. Jadi, pada masa itu pekerjaan membatik merupakan pekerjaan eksklusif buat perempuan. Sampainya “Batik Cap” yang memungkinkan kaum pria buat masuk ke dalam pekerjaan ini.


Interpretasi

Dengan begitu, batik bisa menjadi kebanggan rakyat Indonesia, karena batik punya ragam corak dan warna yang bisa menarik minat para turis asing buat memilikinya.Jadi, batik bisa menjadi salah satu sumber mata pencaharian yang bisa meningkatkan ekonomi Indonesia.





amirah yusuf basalamah (02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar