DEPRESI


Depresi merupakan gangguan suasana hati (mood) yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan hilangnya minat terhadap hal-hal yang disukai. Seseorang dinyatakan mengalami depresi ketika sudah 2 minggu merasa sedih, putus harapan, atau merasa dirinya tidak berharga.

Depresi jika dibiarkan terus menerus dan tidak mendapatkan penanganan yang efektif dapat menyebabkan terjadinya penurunan produktifitas kerja, gangguan hubungan sosial, hingga munculnya keinginan untuk melukai diri sendiri bahkan sampai bunuh diri.

Depresi bisa menyerang siapa saja,baik pria maupun wanita. Depresi pada wanita sering dikaitkan dengan perubahan hormonal, termasuk menstruasi, kehamilan, setelah melahirkan, atau menopause.Namun, sampai saat ini belum ada penelitian yang menemukan penyebab mengapa depresi lebih sering terjadi pada wanita.

Seseorang yang depresi umumnya menunjukkan ciri-ciri psikologi dan fisik tertentu. Ciri psikologis orang yang mengalamai depresi adalah rasa cemas dan khawatir yang berlebihan, emosi yang tidak stabil, serta rasa putus asa atau frustrasi.

Sementara itu, ciri-ciri fisik pada seseorang yang depresi adalah selalu merasa lelah dan tak bertenaga, pusing dan nyeri tanpa penyebab yang jelas, serta menurunnya selera makan.

Depresi lebih sering dialami oleh remaja. Penyebabnya diduga terkait dengan kondisi hormon yang tidak stabil,emosi yang tidak terkendali,dan perasaan sedih yang dipendam sendiri hingga merasa kesepian.

Menurut saya depresi adalah permasalahan sosial yang harus segera ditangani,meminimalisir depresi dengan cara memperhatikan dan lebih peduli terhadap kesehatan mental,dan membuat penyuluhan tentang kesehatan mental, jika depresi tidak segera ditangani,depresi bisa berakibat fatal bahkan sampai bunuh diri.

Khayara Alima (15)

XI IPS.2





Tidak ada komentar:

Posting Komentar