Kekeringan

 


Kekeringan adalah keadaan kekurangan pasokan air pada suatu daerah dalam masa yang berkepanjangan selama beberapa bulan hingga bertahun-tahun. Biasanya kejadian ini muncul bila suatu wilayah secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata.


Kekeringan dan krisis air bersih menyebabkan air untuk kebutuhan tanaman tidak ada, dan warga di wilayah yang kekeringan terpaksa membiarkan tanaman-tanaman mati kekeringan. Dikarenakan kekeringan warga juga tidak bisa memasak. Ketika PMI yang memberikan bantuan tangki air tiba di rumah seorang warga, ratusan warga langsung menyerbu tangki air dengan membawa jirigen. Warga berebut untuk mendapatkan air bersih, sehingga PMI menghimbau warga untuk tertib mengambil air. Namun, imbauan petugas PMI itu tidak diacuhkan. Warga tetap berebut untuk mendapatkan air dengan menaruh jirigen di dekat tangki supaya dapat lebih dulu. Ketersediaan air yang jauh di bawah kebutuhan air, baik untuk kebutuhan hidup, pertanian, kegiatan ekonomi, dan lingkungan inilah yang menyebabkan para warga saling berebut untuk mendapatkan bantuan air karena khawatir mereka tidak kebagian air. Banyak faktor yang menyebabkan kekeringan seperti oleh faktor alam, dan juga faktor manusia. Penebangan liar tanpa reboisasi, pembukaan lahan pertanian, merupakan faktor kekeringan yang disebabkan oleh manusia.


Dengan menggalakkan reboisasi dan memperbanyak bendungan dapat menjadi solusi dari kekeringan. Mengoptimalkan hal ini, bisa menjadi langkah supaya kekeringan bisa teratasi. 



Faisa Rumman Auryn (10)

XI MIPA 4



Tidak ada komentar:

Posting Komentar