KEKERINGAN

 


Kekeringan adalah keadaan dimana kekurangan pasokan air pada suatu daerah dalam masa yang berkepanjangan bisa beberapa bulan hingga bertahun-tahun. Biasanya kejadian ini muncul bila suatu wilayah secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Salah satu contohnya yaitu di Desa Wonorejo. Ratusan warga di Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur antre dalam pembagian air minum yang diberikan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang. Menurut warga di desa tersebut sudah sejak bulan Juli lalu mengalami kekeringan dan krisis air bersih.


Kekeringan dan krisis air bersih di desa tersebut menyebabkan air untuk kebutuhan menanam tidak ada, sehingga terpaksa mereka biarkan tanaman itu mati kekeringan. Selain itu, warga menambahkan akibat dari kekeringan yaitu mereka tidak bisa memasak. Selama ini warga mengambil air pada satu sumur, akibatnya mereka pun mengambil air secara bergiliran dalam dua hari sekali. Karena adanya kekeringan Pemerintah Kabupaten Malang meminta PMI mengirim bantuan berupa air bersih Akhirnya PMI Kabupaten Malang memberikan bantuan air minum secara langsung dengan mendatangi warga setempat. 


Sebelum terjadi kekeringan lebih parah sebaiknya kita menghemat penggunaan air, karena air adalah sumber kehidupan maka gunakan air seperlunya saja. 


Kayla Alisha (11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar