Kriminalitas

 KRIMINALITAS


  Kriminalitas adalah tindakan kejahatan yang dilakukan oleh seseorang dan biasanya bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Orang yang melakukan tindakan kriminalitas disebut kriminal. Tanpa kita sadari, di sekitar kita ternyata banyak sekali kejadian kriminalitas. Tindakan kriminalitas sangat tidak bisa dibenarkan. Akan banyak dampak buruk yang dirasakan baik dari individu ataupun sekelompok masyarakat dari segi mental maupun fisik. Beberapa contoh tindakan kriminalitas adalah pencurian, pembunuhan, penculikan, dan perampokan.  


   Banyak sekali faktor yang menjadi latar belakang seorang kriminal menjalankan tindakan kriminalitas. Faktor utama yang mempengaruhi berkaitan dengan ekonomi. Desakan untuk tetap bertahan hidup diantara sulitnya mendapatkan pekerjaan juga sangat memungkinkan untuk beberapa orang mencari jalan yang tidak baik. Sebagai negara yang sedang kekurangan lapangan pekerjaan, sehingga mengakibatkan peningkatan angka kriminalitas di Indonesia menjadi lebih tinggi. Selain masalah ekonomi yang marak dialami masyarakat terutama di perkotaan, ada beberapa faktor yang juga mendukung terjadinya tindakan kriminalitas. Contohnya adalah pola pikir, pemahaman agama, dan lingkungan masyarakatnya. 


   Pentingnya mengetahui tindakan kriminalitas dan sanksi sosial yang akan didapatkannya dapat membuat seseorang tidak berani mencoba-coba hal buruk. Solusi utama agar tidak terjadi tindakan kriminal adalah dengan membenarkan dari dalam diri setiap orang terutama di sisi keagamaan. Kemudahan mencari lapangan pekerjaan juga bisa membantu menurunkan tindakan kriminalitas. Negara juga harus bisa menjunjung tinggi sanksi hukuman yang adil, tegas, dan dapat membuat jera pelaku pelaku kriminalitas.




Oleh: Antiza Nailah Nur Afifah

XI MIPA 6


Tidak ada komentar:

Posting Komentar