Pelangi


      Pelangi merupakan fenomena meteorologi yang disebabkan oleh refleksi,refraksi,dan difraksi cahaya dalam tetesan air kemudian menghasilkan spektrum cahaya yang muncul di langit.Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfer.Bentuk umum pelangi adalah busur melingkar yang berwarna-warni.

       Pelangi bisa muncul karena adanya tiga proses yang terjadi,yang pertama yaitu proses Refleksi.Dalam proses ini butiran air yang berada di udara memantulkan cahaya ketika terkena sinar matahari.Proses yang kedua adalah Dispersi,yaitu cahaya matahari yang terlihat berwarna putih mengalami penguraian.Kemudian ketika cahaya dipantulkan oleh butiran air, cahaya akan terurai sehingga membentuk warna yang muncul di pelangi.Proses yang terakhir yaitu Refraksi yaitu terjadi ketika cahaya dari matahari mampu menembus butiran atau tetesan air dan kemudian memantul ke arah yang berbeda lalu membentuk busur.

      Namun pelangi ini muncul sesaat saja,dan umumnya setelah hujan turun.Karena warnanya yang berbeda beda,pelangi ini sangat dikagumi jika fenomena ini muncul.

Rizky Kurnia R/27

XI IPS 2 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar