Penyalahgunaan Narkoba


Penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian obat-obatan atau zat-zat berbahaya dengan tujuan bukan untuk pengobatan dan penelitian tanpa mengikuti aturan atau dosis yang benar. Pemakaian obat-obatan berbahaya tersebut dapat menimbulkan bahaya adanya ketergantungan (ketagihan). Obat-obatan yang biasa disalahgunakan adalah narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Penyalahgunaan narkoba terjadi akibat salah pergaulan, rasa keingintahuan yang tinggi, dan mudahnya dalam mendapatkan obat-obatan tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan narkoba. Yang pertama, faktor diri sendiri yaitu faktor yang ditimbulkan dalam diri orang tersebut seperti mencoba-coba karena penasaran. Yang kedua, faktor lingkungan yaitu faktor yang berasal dari lingkungan sekitarnya seperti keluarga dan teman. Yang ketiga, faktor narkoba itu sendiri. Narkoba semakin mudah didapat dengan harga yang terjangkau. Bisnis narkoba juga menjanjikan keuntungan yang besar. Penggunaan obat-obatan terlarang secara terus-menerus dapat menyebabkan kecanduan. Jika sudah kecanduan, maka orang tersebut akan melakukan segala hal untuk mendapatkannya. Penyalahgunaan narkoba yang dilakukan seseorang akan berdampak negatif pada dirinya sendiri seperti mengalami perubahan sikap, sering membolos, suka mencuri untuk membeli narkoba, mengalami kegilaan, dan yang paling parah adalah kematian.

Penyalahgunaan narkoba sudah banyak terjadi di kalangan masyarakat. Adapun cara mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba yaitu berikan pendidikan agama sejak dini agar mengetahui mana yang baik dan yang buruk, awasi pergaulan di sekolah maupun di luar sekolah, dan berikanlah perhatian kepada anak agar tidak merasa kesepian. Oleh karena itu , harus ada sinergi antara masyarakat dengan pemerintah untuk menggalakan pencegahan dan pemberantasan masalah tersebut.

Muhammad Taufiqurrahman Faqih
XI MIPA 2 (21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar