Tanah Longsor



Tanah longsor adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Bencana alam ini terjadi karena ada sebab-sebab tertentu. Curah hujan tinggi dan terjadi dalam waktu yang relatif lama bisa menjadi penyebab utama terjadinya tanah longsor.

Ketika musim kemarau, tanah akan menjadi sangat kering hingga muncul retakan/pori-pori di tanah. Ketika menginjak musim hujan, retakan tersebut akan mudah terisi oleh air sampai pada titik jenuhnya.

Penebangan liar juga menjadi penyebab tanah longsor karena mematikan sirkulasi air tanah. Tumbuhan seharusnya menyerap air. Air yang tak terserap, masuk ke dalam pori-pori tanah dan menyebabkan struktur tanah menjadi tidak stabil.

Untuk mencegah tanah longsor bisa dilakukan, seperti tidak membuat kolam atau sawah diatas lereng, tidak mendirikan rumah di bawah tebing, jangan menebang pohon di sekitar lereng, memperbaiki drainase permukaan, membangun tembok penahan atau tiang pancang, dan tidak mendirikan bangunan di sekitar sungai.


Hanna Adiba (15)

XI MIPA 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar