Tanah Longsor


Tanah longsor merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Tanah longsor adalah jenis gerakan tanah atau batuan dasar, atau campuran keduanya, yang bergerak turun atau turun dari suatu lereng karena adanya gangguan pada kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng tersebut.

Daerah pegunungan dan perbukitan rawan longsor, terutama pada musim hujan. Namun, tidak jarang bencana alam ini terjadi di daerah dataran rendah karena faktor lain.


Ada dua faktor terjadinya tanah longsor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor yang memengaruhi keadaan zat itu sendiri, dan faktor pemicu adalah faktor yang menggerakkan zat tersebut.


Ada pula faktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh. Misalnya erosi, lereng dari bebatuan dan tanah yang diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat, dan gunung berapi yang menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat dan aliran debu-debu.


Tanah longsor bisa dicegah dengan cara tidak membuat kolam di atas lereng, tidak menebang pohon di bawah tebing, dan tidak mendirikan bangunan di sekitar sungai.



Farrell Mareta (8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar