Tradisi Mitoni


Tradisi Mitoni di Suku Jawa

Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan dan juga tradisi, setiap suku di Indonesia memiliki kebudayaan dan tradisi yang berbeda-beda. Tak terkecuali pada suku Jawa yang memiliki tradisi mitoni.


Mitoni menjadi salah satu tradisi yang hadir di lingkungan masyarakat suku Jawa. Apakah Anda telah mengenali tradisi ini?


Apa Itu Tradisi Mitoni ?

 

Mitoni merupakan tradisi turun-temurun yang telah diterapkan pada masyarakat suku Jawa. Tradisi ini dilakukan saat seorang wanita hamil dalam usia kandungan tujuh bulan, dan biasanya dilakukan oleh kaum wanita yang baru mengalami kehamilan pertama.


Tidak semua masyarakat Suku Jawa melakukan ritual ini, karena menganut kepercayaan lain. Tapi sebaiknya wanita hamil yang berusia kandungan 7 bulan melakukan tradisi mitoni.


Pemberian Makanan pada Tradisi Mitoni


Tradisi ini merupakan simbol rasa syukur atas pertumbuhan janin sampai saat itu ia bertahan 7 bulan di dalam kandungan sang ibu. Tradisi ini dilakukan dengan mengadakan syukuran dengan membagikan makanan-makanan tradisional kepada anak-anak sebagai perwujudan rasa syukurnya.


Sebagai penutupnya, sang ibu akan menggunakan kunyit sebagai lulur di wajahnya. Lalu dibagikan kepada anak-anak yang menghadiri prosesi tradisi tersebut. Dengan harapan, kelak sang janin akan memiliki paras yang cantik dan tampan seperti anak-anak yang mendapatkan lulur dari kunyit tersebut.


Pada intinya, tradisi ini menjadi suatu ungkapan rasa syukur yang dilakukan oleh para wanita hamil di masa 7 bulan kehamilannya. 

Nama : Tiara Chelsea R.R.S

Kelas : XI IPS 2

Absen : 32


Tidak ada komentar:

Posting Komentar