Kafka Asagiri : Bungo Stray Dogs 01


Identitas Komik 

Judul : Bungo Stray Dogs 01

Pengarang : Kafka Asagiri 

Illustrator : Sango Harukawa 

Penerbit : Kadokawa Shoten dan Yen Press 

Tempat Terbit : Jepang 

Tahun Terbit : 2012

Jenis Buku : Fiksi 


Sinopsis

Setelah diusir dari panti asuhan dan tiba di Yokohama, Atsushi Nakajima menolong seorang lelaki yang gagal bunuh diri dan terhanyut di sungai. Nama lelaki itu adalah Osamu Dazai dan dia tergabung dalam Agensi Detektif Bersenjata, sebuah kelompok pemilik kemampuan khusus yang bekerja membereskan kasus berat yang berbahaya dan brutal, dan kini sedang melakukan penyelidikan untuk membereskan masalah "harimau pemangsa manusia" yang menggemparkan masyarakat.

Nakajima Atsushi yang pernah berurusan dengan si harimau itu diajak paksa Dazai untuk ikut dalam penyelidikan!


Kelebihan 

1) Mempunyai konsep yang unik

Komik ini memperkenalkan sejumlah sastrawan beserta karyanya yang terkenal pada zaman Edo hingga Showa dengan cara yang menarik.

Nama para karakter dalam Bungou Stray Dogs diambil dari nama-nama sastrawan. Sementara, nama jurus setiap karakter diambil dari judul buku yang ditulis para sastrawan tersebut.

2) Art style yang menarik

Gambar yang khas dan menarik membuat manga ini sangat diminati. Setiap karakter di gambarkan dan di deskripsikan dengan baik dalam komik yang di terbitkan. 

3) Alur cerita yang misterius 

Alur cerita yang dikemas dalam komiknya sangatlah misterius yang membuatnya menarik perhatian banyak peminat. Setiap karakter mempunyai cerita tersendiri yang misterius dan kebanyakan dari mereka adalah karakter jenius yang membuat pembaca ikut penasaran dengan pertarungan otak mereka serta jalannya cerita Bungo Stray Dogs tersebut. 

4) Banyaknya pesan moral yang dapat dipetik 

Dari komik ini, para pembaca bisa mengetahui dan belajar bahwa cita-cita yang besar adalah hal yang baik, tetapi harus diimbangi dengan kemampuan untuk merealisasikannya. Dengan kata lain, kita harus senantiasa bersikap secara realistis. Supaya cahaya yang berada di ujung, yang kita tuju, bukan hanya sekadar ilusi. Dalam mewujudkan cita-cita atau harapan tersebut, sebaiknya kita menerapkan hal kecil setiap harinya, seperti melakukan apa yang harus dilakukan saat ini.


Kekurangan

Kekurangan pada komik ini terletak pada penyusunan kalimat dan narasi yang dinilai kurang nyaman untuk dibaca. Hal ini diakibatkan oleh pemilihan kata yang dinilai kurang pas.

Konten dalam komik tersebut juga ada beberapa adegan yang terlalu sadis sehingga termasuk komik dewasa dan tidak sesuai untuk semua umur.


Hafna Maulida Aryadi

XI MIPA 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar