Resensi Novel Rasuk

 

RASUK

A. Profil

Judul : Rasuk

Jumlah Halaman : 330

Pengarang : Risa Saraswati

Terbitan Pertama : Agustus 2015

Penerbit : Bukuné

Genre : Fiksi horor

 

B. Sinopsis

Langgir Janaka, seorang yang ditinggal mati oleh ayahnya. Ibunya selalu menyalahkan kematian ayahnya yang ia anggap disebabkan oleh Langgir. Langgir selalu merasa hidupnya tidak memiliki keadilan. Bahkan hari-harinya dipenuhi kejadian buruk. “Tuhan tak adil.” Bagaikan melekat dalam tubuhnya.

 

Ia selalu iri terhadap ke 3 sahabatnya, Sekar seorang anak pungut yang dilimpahi kasih sayang oleh orang tua angkatnya. Lintang seorang anak orang kaya yang selalu bepergia ke luar negeri. Inggrid yang merupakan wanita cantik yang hidupnya selalu mudah.

 

Ia menginginkan menjadi mereka semua. Suatu kejadian menjadikan keinginannya menjadi nyata. Satu per satu Langgir merasuki tubuh sahabatnya dan mengetahui rahasia di balik kebahagiaan mereka. Yang ia tak tau adalah keberadaan tubuhnya dan harga dari keinginan yang terwujud itu.

 

C. Kelebihan dan Kekurangan

a. Kelebihan

Novel ini menceritakan tiap karakter dengan detail, dari permasalahan yang dihadapi, hingga sikap karakter tersebut terhadap orang lain. Banyak sekali pesan moral yang didapatkan dari novel ini. Dari segi alur sangat mudah diikuti dan membuat adegan klimaks terasa lebih dramatis.

b. Kekurangan

Banyak bahasa yang terlalu baku yang padahal diceritakan mengalami pertengkaran dengan ibunya yang lebih baik menggunakan kata kata yang tidak baku agar mendapatkan emosinya serta dialog dengan sahabatnya yang lebih baik juga tidak menggunakan bahasa baku.

 

D. Kesimpulan

Rasa iri dalam diri manusia hanya akan menimbulkan keburukan untuk diri sendiri.

 

Dan bersyukurlah atas apa yang telah kamu miliki jangan bandingkan kehidupanmu dengan orang lain karena setiap orang memiliki jalan cerita dan takdir masing-masing.

 

Dan kamu tidak tahu seberapa kuat mereka berjuang dalam hidupnya.


Zaidan Syahda Irfansah

XI MIPA 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar