Resensi Cerpen Pentas


 

Identitas Cerpen

Judul : Pentas

Pengarang : Ario Nugroho Bakasdo

Penerbit : Bintang Pustaka Jaka

Tahun terbit: Tahun 2015

Jumlah Halaman : 163

Halaman Cerpen yang Diresensi: 60 – 61

 

Isi Cerpen:

Cerpen ini menceritakan tentang Vela gadis cantik berambut lurus dengan paras yang menawan ia seorang atlet voley muda berbakat yang bersekolah di sebuah sekolah atlet. Dia dan teamnya tengah mempersiapkan diri untuk sebuah tournament yang mereka sudah impi-impikan. Namun sebenarnya Vela tidak ingin menjadi seorang atlet karena bukanlah impiannya. Bukan rahasia besar lagi kalua dia memiliki cita-cita lain yaitu sebagai seorang model. Dia terpaksa menjadi atlet karena ingin mengikuti kemauan orang tuanya yang menginginkan anaknya menjadi seorang atlet professional.

Pada suatu hari Vela mendapat kabar bahwa ada sebuah perlombaan peragaan busana, perlombaan yang sudah di nanti-nantikannya. Betapa  senang dan gembiranya hati Vela, hingga dia menceritaka pada sahabatnya Laras. Tetapi sayangnya tanggal pelaksanaan peragaan busana itu dilakasanakan sebelum hari tournament. Vela pun bercerita dan berkonsultasi kepada Laras. Laras pun menyarankan Vela untuk meminta izin kepada Mr. D, pelatih mereka. Dengan tekad Vela ia meminta izin kepada pelatih beruntungnya pelatih mereka mau mengizinkannya dengan syarat dia harus memprioritaskan tournament voley ini. Vela sangat senang karena mendapatt izin.

Hari berganti semakin mendekati jadwal tournament tersebut, akan tetapi Vela menjadi jarang mengikuti latihan bersama kelompoknya. Pelatih dan teman-temannya pun kecewa terhadapnya. Dalam peragaan busana itu Vela berhasil menjadi seorang pemenang, tetapi tidak untuk tournamentnya. Pada akhirnya mereka hanya menempati juara ke-3. Namun ia berjanji akan mengabulkan impian mereka ditahun mendatang.

 

Kelebihan:

Pengarang dalam cerpen ini menggunakan Bahasa yang ringan dan sederhana sehingga pembaca dapat memahami isi cerpen ini. Cerpen ini juga sangat ringan sehingga pembaca tidak bosan dalam membaca cerpen ini.

 

Kekurangan:

Cerpen ini menceritakan tentang kehidupan remaja yang kemungkinan tidak menarik untuk dibaca oleh beberapa orang.

 

Kesimpulan:

Cerpen ini merupakan bacaan yang sangat diminati dan menarik bagi para pembaca. Cerpen ini dikemas dengan Bahasa yang sederhana sehingga dapat tersampaikan dengan baik oleh pembaca dalam cerpen ini terdapat nilai moral yang dapat dipelajari oleh pembaca. Melalui cerpen ini penulis ingin menyampaikan bahwa cita-cita yang kita miliki harus diwujudkan namun dengan tidak melupakan tugas, tjuan dan kewajibannya.

 

Nama: Rahmania Sabila Putri Riyani

Absen: 25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar