RESENSI CRITICAL ELEVEN KARYA IKA NATASSA

 Buku Novel Critical Eleven - English Edition | Bukukita

Identitas Novel

Judul: Critical Eleven

Penulis: Ika Natassa ; diterjemahkan oleh Rain Chudori 

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit: 2021

Jumlah halaman: 312 halaman

ISBN: 978-602-06-5627-4


Sinopsis

Critical Eleven menceritakan tentang Anya yang berusia 28 tahun bertemu dengan pria bernama Ale. Kisah berawal ketika Anya sebagai tokoh utama berada di dalam pesawat terbang dan bertemu dengan laki-laki bernama Ale. Anya yang memang orang terpelajar dari kalangan menengah ke atas selalu menggunakan bahasa Inggris dalam setiap narasi dan dialognya.

Anya dan Ale sepanjang perjalanan selalu membahas kondisi Jakarta yang penuh polusi, rawan kejahatan, dan segala hal tentang fasilitas di Jakarta. Setelah itu, Anya dan Ale saling bertukar nomor telepon.

Sampai Anya yang kebetulan sudah pulang ke Jakarta, memutuskan untuk bertemu dengan Ale yang kebetulan di Jakarta. Mereka menghabiskan akhir pekan dengan jajan di warung pinggir jalan, salah satunya kedai ketoprak. Disini si penjual menggoda Ale kalau Anya sangat cocok menjadi pasangan Ale.

Candaan itu membuat perasaan Anya semakin bertambah kepada Ale. Setelah mereka semakin dekat, baru mengetahui pekerjaan masing-masing. Ale seorang penambang minyak, sedangkan Anya seorang konsultan manajer.

Mereka juga mengungkapkan perasaannya dan memutuskan untuk menikah. Selama pernikahannya baik-baik saja dan bahagia. Tiba-tiba pasangan suami istri tersebut mengalami sebuah musibah, karena kandungan Anya keguguran.

Ale yang terpukul dengan keadaan itu, membuatnya frustasi dan bersikap dingin kepada Anya. Anya berusaha tegar dan merenungkan pertemuan singkatnya. Seharusnya Anya tidak gegabah mengambil keputusan untuk menikah dengan Ale.

Setelah meninggalnya anak mereka, tiba-tiba saja Ale mengungkit kematian anaknya dan menganggap semua salah Anya. Melihat sikap Ale begitu, Anya memutuskan tidur di kamar terpisah. Sampai Ale yang sangat frustasi justru melontarkan kalimat perpisahan kepada Anya.

Ale yang sangat menyesali ucapannya sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Suatu malam, seorang sahabat bernama Harris memberikan kejutan di hari ulang tahunnya Ale. Pada pertemuan itu, ada Anya. Mereka saling mengungkapkan isi hati untuk rujuk kembali. Akhirnya Ale berjuang kembali untuk mendapatkan Anya.


Kelebihan

Dalam novel ini cerita dituliskan dengan alur campuran, dan diceritakan dalam kedua sudut pandang, sebagai pembaca kita dibawa ikut merasakan kerumitan masalah yang terjadi antara Anya dan Ale. Bahkan kita jadi ikut merasakan betapa frustrasinya sebuah hubungan pernikahan itu. Disini saya membaca buku ini dalam versi terjemahan bahasa Inggris, menurut saya pribadi Critical Eleven versi ini sangat membantu pemula untuk belajar bahasa Inggris, kata-kata yang digunakan cukup mudah dimengerti dan tidak rumit. 


Kekurangan

Menurut saya ada beberapa bagian yang terlalu bertele-tele dan tarik ulur secara terus menerus. Di satu sisi, tarik-ulur alur ini membuat kita makin penasaran dengan ceritanya, namun di lain sisi juga membuat kita bosan karena konflik tak kunjung bertemu dengan resolusinya.



Nabila Belva Dewi
XI MIPA 6




Tidak ada komentar:

Posting Komentar