Resensi Komik Blue Lock




Identitas Komik :

Judul Komik : Blue Lock

Pengarang :  Muneyuki Kaneshiro

Ilustrator : Yusuke Nomura

Penerbit : Kondansha

Majalah : Weekly Shonen Magazine

Demografi : Shonen

Tahun Terbit : 1 Agustus 2018 s.d. sekarang

Volume : 23


Sinopsis :

Blue Lock mengisahkan tentang perjalanan Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) dalam mencari striker (penyerang) bola terbaik. Program pencarian ini dipimpin oleh seorang pelatih bernama Ego Jinpachi yang membentuk dan menyusun strategi pelatihan yang radikal di sebuah institusi penjara bernama Blue Lock.


Blue Lock didirikan sebagai tempat berlatih yang mengumpulkan 300 striker muda dengan cara memenjarakan mereka untuk fokus pada pelatihan keras. Bermain di Blue Lock membutuhkan keegoisan untuk menjadi pemain nomor satu, yang membuat mereka bermain tanpa mengutamakan kerja sama tim, melainkan saling memanfaatkan kekuatan tiap pemain demi kemenangan pribadi.


Tidak hanya itu, sistem yang dibentuk oleh Ego Jinpachi juga memberikan peringkat pada setiap anak yang menentukan bagaimana mereka akan diperlakukan selama pelatihan, seperti menu makan yang mewah apabila peringkat naik, atau tempat tidur yang sederhana apabila peringkat berada di bawah. Gol yang dicetak selama pelatihan juga dapat mempengaruhi peringkat seseorang dan menurunkan peringkat lawan.


Tegangan bermain di Blue Lock tidak hanya terkait dengan kemenangan atau kekalahan. Jika pemain gagal dan tersisihkan sepanjang tahap permainan, maka jalan dan kesempatan mereka untuk menjadi bagian dari Timnas Jepang akan tertutup selamanya! Nama mereka akan di-blacklist secara otomatis oleh Timnas Jepang.


Namun, bagi mereka yang berhasil menyisihkan semua lawan di Blue Lock dan menjadi nomor 1, akan mendapatkan hak untuk menjadi penyerang eksklusif Timnas Jepang pada Piala Dunia FIFA 2022.


Menariknya, cerita ini fokus pada tokoh utama Isagi Yoichi yang memiliki prinsip sportif yang kuat dalam tim saat bermain sepak bola. Namun, untuk menjadi nomor satu di Blue Lock, bekerja sama dengan tim bukanlah hal yang dibutuhkan.


Sebelum diundang untuk memasuki Blue Lock, Isagi Yoichi dan timnya mengalami kekalahan karena satu tendangan operannya ke rekan tim yang tidak sanggup membobol gawang lawan. Operan itu berasal dari prinsipnya terhadap kerjasama tim dan kepercayaannya pada rekan tim dalam sepak bola.


Namun, kepercayaannya justru menggagalkannya berpartisipasi di Nationals. Melalui Blue Lock, Isagi mengubah mindset terhadap strategi bermain bola yang memerlukan keberanian, keyakinan, keegoisanan, dan kemenangan. Dalam prosesnya, Isagi bertemu dengan ratusan striker berbakat yang tak kalah egois di Blue Lock!


Kelebihan :

Bagi pembaca komik yang menggemari dunia sepak bola, komik ini sangat cocok untuk dibaca karena menyajikan permainan sepak bola yang di balut dengan sedikit fantasi yang membuat setiap pertandingan menjadi sangat fantastis. Dari segi art style, komik ini sangat bagus dan asik untuk dibaca. Komik ini juga sudah di adaptasi menjadi Anime Blue Lock yang sudah mulai tayang tanggal 9 Oktober 2022 dan Season 1 nya berakhir 25 Maret 2023 kemarin. 


Kekurangan :

Kekurangan dari komik ini menurut saya adalah setiap chapter selalu berakhir saat sedang asik-asiknya. Hal tersebut membuat saya sebagai pembaca harus menunggu kurang lebih seminggu hingga chapter terbaru keluar.


Muhammad Yusuf Kurniansyah

XI MIPA 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar