RESENSI NOVEL "5 CM"

 RESENSI NOVEL "5 CM"



Judul Novel : 5 cm

Penulis : Donny Dirghantoro

Jumlah halaman : 381 halaman

Penerbit : PT Grasindo

Tahun terbit : cetakan pertama 2005

                         cetakan ketigapuluhtiga 2015

ISBN : 9797591514


Sinopsis

Novel 5 cm ini menceritakan tentang persahabatan lima anak muda yang menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Mereka diantaranya bernama Arial, Riani, Genta, Ian, dan Zafran. Genta yang di anggap sebagai pemimpin dan kelompok mereka.

Genta sendiri memiliki perasaan kepada Riani. Dan Riani adalah satu-satunya cewek di kelompok tersebut.Lalu ada sosok Arial yang tampan dan banyak di taksir perempuan. Zafran sosok yang kocak, senang bersyair, dan Ian sosok gendut pecinta bola dan penggemar Manchester United.

Kisah ini dimulai dari kejenuhan mereka yang selalu berkumpul bersama setiap harinya, Hingga disuatu saat mereka merasa jenuh dengan aktivitas yang selalu mereka lakukan secara bersama dan mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi selama tiga bulan. Akhirnya waktu itu pun tiba, mereka berhasil meraih cita-cita yang diinginkan dan merka berkumpul untuk mendaki gunung yang tinggi di Indonesia, Gunung Mahameru. Kisah persahabatan 5 CM dalam perjalanan menuju puncak Mahameru pun diuji, kuatnya persahabatan mereka akhirnya berhasil menaklukan jalan yang penuh dengan perjuangan hingga akhirnya mereka dapat sampai di puncak gunung Mahameru.


Kelebihan

-Setiap karakter memiliki karakter yang kuat.

-Alur dan latar di ceritakan secara jelas.

-Banyak pesan moral dan memotivasi pembaca.

-Banyak pengetahuan dalam novel tersebut.

-Banyak kata-kata motivasi.


Kekurangan

-Ending yang terlalu di paksakan

-Cover kurang menarik

-Terlalu kental dengan dunia musik bagi yang kurang paham akan kebingungan.

-Sering menggunakan bahasa asing.


Ibnaty Izza Luqyana Mawawadah

XI MIPA 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar