Resensi Novel Berjuta Rasanya

 


 

 

Identitas Novel

Judul : Berjuta Rasanya

Pengarang : Tere Liye

Penerbit : PT. Mahaka Publishing

Tahun terbit : 2012

Jumlah halaman : 207 halaman

 

Sinopsis

Novel “Berjuta Rasanya” merupakan salah satu cerita fiksi karangan Tere Liye yang berisi tentang perasaan orang-orang yang sedang jatuh cinta dengan penuh rasa dan warna yang berbeda-beda.

Novel Berjuta Rasanya terdiri atas 15 cerpen, yaitu :

 

1.    Bab Pertama (Bila Semua Wanita Cantik)

Novel ini yang berkisah tentang Vin, seorang gadis buruk rupa dengan postur tubuh gendut yang membuatnya sulit mendapat jodoh. Vin memiliki seorang sahabat bernama Josephine dengan jerawat yang memenuhi seluruh wajahnya, tubuhnya ringkih, mukanya tirus dengan rambut keriting tak tertolong.

2.    Bab Kedua (Hiks Kupikir Kau Naksir Aku)

Berkisah tentang Putri, yang sering merasa ge-er (gede rasa) setiap kali Rio, pemuda yang ia sukai, menatapnya, melambaikan tangan padanya, atau sekadar berbasa-basi dengannya. Lama-lama tabiat Putri ini pun membuat sahabatnya jengkel. Padahal, ia hanya ditipu oleh perasaannya sendiri. Aslinya? Apa mau dikata, mereka bertepuk sebelah tangan!

3.    Bab Ketiga (Cinta Zooplankton)

Sebuah kisah tentang persahabatan, dimana seorang perempuan bernama Ayu yang mau saja dibodohi oleh Topan, dan sahabatnya Dian yang selalu menasehati Ayu dalam urusan cinta. Dian yang berpikiran bahwa Topan tidak akan berubah, kaget setelah beberapa tahun tidak bertemu dengan Ayu yang ternyata telah menikah dengan Topan. Ketulusan cinta Ayu mampu mengubah tabiat seorang Topan yang playboy menjadi lelaki yang setia.

4.    Bab Keempat (Cintanometer)

Mengisahkan tentang sebuah tempat yang memiliki ilmu pengetahuan yang luar biasa hebatnya. Suatu hari, karena angka pernikahan anak muda turun amat tajam, maka dibuatlah sebuah alat pendeteksi cinta yaitu cintanometer. Diharapkan dengan adanya alat ini mampu mengubah pola pikir para remaja agar mau menikah muda dan menjamin penduduk kota tersebut tetap stabil jumlahnya.

5.    Bab Kelima (Harga Sebuah Pertemuan)

Cerita ini sangat menarik dan menakjubkan karena hanya keinginan untuk bertemu.Mencintai seseorang bukan hal gampang.Bagaimana ternyata yang dicintai memiliki cinta kedua, ketiga, dan seterusnya.

6.    Bab Keenam (Kotak-kotak Kehidupan Andrei)

Bercerita tentang sebuah kotak yang hanya boleh dipandang namun tak boleh dilihat.Kotak yang membuat pemiliknya sangat penasaran Dan ternyata isinya adalah sebuah pengait kecil yang menjadi penghalang bagi pilihan-pilihan terbaik yang pernah ada. Setelah kotak itu dibuka Andrei menghilang entah dimana

7.    Bab Ketujuh (Mimpi-mimpi Laila-Majnun)

Siapa yang tak mengenal kisah Laila Majnun. Sepasang Romeo dan Juliet dari negeri padang pasir. Dalam cerita ini dikisahkan Laila yang telah bersuami pilihan dari kedua orangtuanya kerap bertemu secara sembunyi-bunyi dengan Qais di dekat pohon kaktus. Laila dan Qais saling mencintai namun tidak mendapat restu dari kedua orang tua Laila karena Qais termasuk golongan orang miskin.

8.    Bab Kedelapan (Kutukan Kecantikan Miss X)

Dikisahkan seorang laki-laki bernama Erik yang mengagumi seorang gadis yang ia temui di bus patas. Setiap hari Erik bertemu dengan gadis tersebut saat akan berangkat kerja. Hari demi hari berlalu tapi Erik tak kunjung berani berkenalan dengan gadis tersebut. Dan akhirnya Erik menyebut gadis tersebut dengan sebutan Miss X. Tidak terasa sudah 2 tahun Erik bersama Miss X dalam bus yang sama dan belum ada perkembangan sama sekali mengenai hubungan mereka, karena tidak mempunyai cukup keberanian untuk memperkenalkan dirinya.

9.    Bab Kesembilan (LOVE Ver 7.0 & MARRIED Ver 9.0)

Cerita ini merupakan sambungan dari cerita Cintanometer, dikisahkan Cintanometer yang dianggap gagal. Cara kerja LOVE Ver 7.0 adalah dengan dibuatkan sebuah server raksasa di tengah kota. Setiap komputer yang dimiliki anak muda di kota itu dihubungkan ke server tersebut. Tapi lama-kelamaan alat tersebut gagal. Lalu dibuatlah alat MARRIED Ver 9.0.

10.    Bab Kesepuluh (Kupu-kupu Monarch)

Kisah legenda tentang cinta sejati yang rela berkorban, namun dikhianati.Kisahnya agak tragis sih, namun memberikan pelajaran yang hebat.Cerita cinta sederhana  namun memiliki makna yang dalam. Tentang cinta, pengorbanan, dan kerelaan.

11.  Bab Kesebelas(Joni dan Doni)

Dua kisah yang berbeda tapi memiliki akhir yang sama, sama-sama tragis dan menyedihkan.Dua laki-laki, teman seangkatan satu kampus, rival dalam segala hal. Percintaan, gadis idaman, perkuliahan, bahkan ketika sidang kelulusan.

12.  Bab Keduabelas (Kutukan Kecantikan Miss X-2)

Sambungan dari cerita “Kutukan Kecantikan Miss X”. Akhirnya ia memberanikan diri untuk berkenalan, namun si Miss X ini berbeda ia membawa sebuah kotak dan menyuruh si Erik untuk membukanya, ternyata isi kotak itu kue dan yang paling membuat Erik kaget adalah ketika Miss X menyuruhnya untuk membagikan kue kepada penumpang bus yang lain, karena besok Miss X akan menikah. Ia sangat menyesalinya.

13.  Bab Ketigabelas (Lily dan Tiga Pria itu)

Hanaya pria yang bernyali yang pantas mendapatkan Lily. Pria pertama ditolak cintanya. Pria kedua, merekaberpacaran, tetapi pada suatu ketika mereka bertengkar dan akhirnya putus. Pria ketiga, mereka menjalin hubungan yang spesial hingga akhirnya tiba dipelaminan. Pernikahan mereka berlangsung hingga 15 tahun, hingga akhirnya wanita itu meninggal.

14.  Bab Keempatbelas (Pandangan Pertama Zalaiva)

Sebuah kisah yang diawali masa kecil, dan diakhiri tentang tragisnya cinta yang dia rasakan ketika dewasa.

15.  Bab Kelimabelas (Antara Kau dan Aku)

Dikisahkan seorang gadis bernama Dahlia dan pemuda yang bernama Azhar yang saling jatuh cinta, namun mereka sama-sama tidak berani mengungkapkan perasaannya. Hingga akhir cerita tidak ada perubahan dalam hubungan mereka. Mereka masih saja memendam perasaan mereka

 

Kelebihan:

1.Gaya penulisan yang runtut dan baik

2.Alur cerita dibawakan dengan ringan dan ceria sesuai karaktrernya yang masih muda.

3.Tereliye mampu membawa pembaca mengikuti alur dalam novel ini.

4.Desain buku yang menarik dan harga terjangkau untuk semua kalangan.

5.Cerita pada novel ini membuat kita mengambil hikmah dari suatu kejadian dan mengerti apa arti cinta dan memiliki rasa yang luar biasa indahnya.

 

Kekurangan:

1.Jika dilihat dari sudut pembaca, alur cerita dalam novel mudah ditebak, karena ceritanya sesuai dengan kalangan anak muda.

2.Alur cerita dalam novel ini terlalu panjang.

3.Ada cerita yang menggantung.

 

 Nama : Soffi Elnisa Amelia L

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar